• Card 1 of 30
Nasional

Uang Rp1 Miliar Disita dari OTT di Bekasi

Juven Martua Sitompul    •    15 Oktober 2018 10:05

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan. Foto: Metrotvnews.com/Surya Perkasa. Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan. Foto: Metrotvnews.com/Surya Perkasa.

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang sebanyak Rp1 miliar dari operasi tangkap tangan (OTT) di Bekasi, Jawa Barat. Diduga uang itu berkaitan dengan praktik rasuah.

"Sampai saat ini setidaknya lebih dari Rp1 miliar dalam SGD dan rupiah yang diamankan sebagai barang bukti," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin, 15 Oktober 2018.

Basaria menduga uang itu berkaitan dengan proses perizinan properti di Bekasi. Sepuluh orang yang terdiri dari unsur pejabat, pegawai negeri sipil (PNS) hingga swasta diamankan dalam operasi senyap tersebut.

Baca: KPK Tangkap 10 Pejabat di Bekasi

Informasi yang beredar satu pihak yang ditangkap merupakan kepala daerah. Sayangnya, Basaria belum mau merinci para pihak yang diamankan.

"Sampai dini hari ini sekitar 10 orang dibawa ke kantor KPK untuk proses klarifikasi lebih lanjut," ujarnya.

Hingga kini, mereka yang ditangkap tengah menjalani pemeriksaan intensif. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari kesepuluh orang tersebut.