Desainer, Sugeng Untung, menambahkan, selain narasi, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan dan memasarkan produk adalah desain.
"Di era global, produsen produk harus mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Meski, konsumen itu sendiri sesungguhnya belum memikirkan produk tersebut. Dalam konteks itu, sebuah produk harus adaptif terhadap perkembangan dan perubahan zaman," ucap Sugeng.
Zaman dan pola pikir konsumen akan sangat memengaruhi eksistensi sebuah produk. Keinginan konsumen akan sebuah produk itu berkembang seiring dengan perubahan zaman.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
"Sebagai contoh kipas angin. Dahulu, kipas angin memiliki model dan desain yang standar. Tetapi seiring perkembangan dan kebutuhan konsumen, maka desain kipas angin pun berubah dengan berbagai macam jenis," terangnya.
Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya bagi pelaku parekraf untuk memperhatikan desain dan storytelling dengan value yang besar pada sebuah produk. Sebab desain yang menarik mampu menjadikan produk untuk memiliki daya tarik lebih bagi konsumen.
"Desain adalah proses pemecahan masalah, solusi dan inovasi, serta interaksi yang berujung pada kepuasan konsumen. Produk yang baik pasti akan laku. Kalau tidak laku pasti ada kekeliruan pada desain," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News(TIN)