Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

10 Bahan Herbal yang Bisa Membantu Turunkan Hipertensi

Rona hipertensi obat herbal
Sunnaholomi Halakrispen • 17 September 2020 15:00
Jakarta: Banyak orang dewasa di seluruh dunia mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain pengobatan dengan dokter, para ahli merekomendasikan untuk mengobati kondisi hipertensi dengan perubahan gaya hidup dan perawatan.
 
Jika Anda berpikir untuk mencoba jamu untuk alasan medis, apakah itu ramuan utuh atau suplemen, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Hingga saat ini, tidak ada herbal yang secara teratur direkomendasikan oleh spesialis tekanan darah tinggi.
 
Sebab, beberapa tumbuhan, terutama dalam jumlah banyak, dapat menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan atau mengganggu pengobatan lain. Berikut ini 10 bahan herbal untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dikutip dari Healthline:

1. Kemangi

Kemangi atau basil adalah ramuan lezat yang cocok untuk berbagai makanan. Kemangi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Pada hewan pengerat, ekstrak kemangi telah terbukti menurunkan tekanan darah, meski hanya sebentar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahan kimia eugenol, yang ditemukan dalam kemangi, dapat memblokir zat tertentu yang mengencangkan pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Namun, masih diperlukan lebih banyak studi.
 
10 Bahan Herbal yang Bisa Membantu Turunkan Hipertensi
 
Di sisi lain, menambahkan kemangi segar ke dalam makanan Anda itu mudah dan tentunya tidak ada salahnya. Simpan pot kecil ramuan di kebun dapur Anda dan tambahkan daun kemangi segar ke dalam pasta, sup, salad, casserole, atau masakan lainnya.

2. Kayu manis

Kayu manis merupakan bumbu lezat lainnya yang membutuhkan sedikit usaha untuk dimasukkan ke dalam makanan harian Anda. Kabar baiknya, kayu manis dapat menurunkan tekanan darah Anda.
 
Satu studi yang dilakukan pada hewan pengerat menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis menurunkan onset mendadak dan tekanan darah tinggi yang berkepanjangan. Namun, ekstrak itu diberikan secara intravena. Tidak jelas apakah kayu manis yang dikonsumsi secara oral juga efektif.
 
Anda bisa memasukkan lebih banyak kayu manis ke dalam makanan Anda dengan menaburkannya di sereal sarapan Anda, oatmeal, dan bahkan di kopi Anda. Untuk makan malam, kayu manis meningkatkan rasa pada masakan tumis, kari, hingga semur.
 

3. Kapulaga

Kapulaga merupakan salah satu bumbu masak yang berasal dari India dan sering digunakan dalam masakan Asia Selatan. Studi kecil yang menyelidiki efek kesehatan dari kapulaga pun telah dilakukan.
 
Ditemukan bahwa peserta dengan tekanan darah tinggi melihat penurunan yang signifikan dalam pembacaan tekanan darah mereka. Hal ini setelah mereka mengonsumsi 1,5 gram bubuk kapulaga dua kali sehari selama 12 minggu.
 
Anda dapat memasukkan biji kapulaga atau bubuk kapulaga ke dalam bumbu goreng, sup, dan semur. Bahkan makanan yang dipanggang untuk tambahan rasa khusus. Kemungkinan manfaat kesehatan yang positif pun akan Anda dapatkan.

4. Biji rami

Biji rami kaya akan asam lemak omega-3, dan telah terbukti dalam beberapa penelitian dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah tinjauan menyarankan untuk mengonsumsi 30-50 gram biji rami utuh atau giling per hari, selama lebih dari 12 minggu untuk mendapatkan manfaat terbaik.
 
Biji rami dapat melindungi diri dari penyakit kardiovaskular aterosklerotik dengan mengurangi kolesterol serum, meningkatkan toleransi glukosa, dan bertindak sebagai antioksidan. Anda bisa memasukkan bahan herbal ini ke makanan rumahan Anda.
 
Keunggulan biji rami adalah dapat diaduk ke dalam hampir semua hidangan. Mulai dari sup, makanan yang dipanggang, hingga ke dalam smoothie. Sementara itu, menyimpan biji rami di dalam lemari pembeku dapat membantunya mempertahankan potensi yang optimal.

5. Bawang putih

Bumbu beraroma tajam ini tidak hanya memberi rasa pada makanan. Bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah Anda, dengan membantu meningkatkan zat dalam tubuh yang dikenal sebagai oksida nitrat.
 
10 Bahan Herbal yang Bisa Membantu Turunkan Hipertensi
Zat tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah Anda rileks dan melebar. Ini memungkinkan aliran darah lebih leluasa dan mengurangi tekanan darah.
 

Anda bisa menambahkan bawang putih segar ke sejumlah resep favorit Anda. Jika rasanya terlalu kuat untuk Anda, panggang bawang putih terlebih dahulu. Namun, jika Anda tidak bisa memakannya, Anda bisa mendapatkan bawang putih dalam bentuk suplemen.

6. Jahe

Jahe dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dalam penelitian pada hewan, ini telah terbukti meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah, menurunkan tekanan darah. Tetapi, studi manusia sejauh ini tidak meyakinkan.
 
Biasa digunakan dalam makanan Asia, jahe adalah bahan serbaguna yang juga bisa ditambahkan ke manisan atau minuman. Potong, cincang, atau parut jahe segar ke dalam tumis, sup, dan hidangan mie atau sayuran. tTambahkan ke makanan penutup, atau campurkan dengan teh untuk rasa yang menyegarkan.

7. Hawthorn

Hawthorn adalah obat herbal untuk tekanan darah tinggi yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama ribuan tahun. Pada hewan pengerat, ekstrak hawthorn tampaknya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung.
 
Hal tersebut termasuk membantu menurunkan tekanan darah, mencegah pengerasan arteri, dan menurunkan kolesterol. Anda bisa mengonsumsi hawthorn dalam bentuk pil, ekstrak cair, atau teh.

8. Biji seledri

Biji seledri adalah ramuan yang digunakan untuk membumbui sup, semur, casserole, dan hidangan gurih lainnya. Seledri telah lama digunakan untuk mengobati hipertensi di Tiongkok, dan penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa seledri mungkin efektif. Anda bisa menggunakan bijinya, atau Anda bisa membuat jus.
 
10 Bahan Herbal yang Bisa Membantu Turunkan Hipertensi
 
Seledri juga dapat bersifat diuretik, yang dapat membantu menjelaskan pengaruhnya terhadap tekanan darah. Para peneliti percaya bahwa berbagai zat dalam seledri dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah. Namun, studi pada manusia masih harus diperlukan pembuktiannya.

9. Lavender Prancis

Aroma lavender yang indah seperti parfum bukan satu-satunya aspek tanaman ini bermanfaat. Sebab, ekstrak lavender telah terbukti menurunkan detak jantung dan tekanan darah pada hewan pengerat.
 
Meski tidak banyak orang yang mengira untuk menggunakan lavender sebagai ramuan kuliner, Anda bisa menggunakan bunganya dalam makanan yang dipanggang. Daunnya dapat digunakan dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan rosemary.

10. Cakar kucing

Cakar kucing adalah obat herbal yang digunakan dalam praktik tradisional Tiongkok untuk mengobati hipertensi serta masalah kesehatan saraf. Cakar kucing sebagai pengobatan untuk hipertensi pada hewan pengerat menunjukkan bahwa itu dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah dengan bertindak pada saluran kalsium dalam sel Anda.
 
Anda bisa mendapatkan cakar kucing dalam bentuk suplemen dari banyak toko makanan kesehatan. Untuk mengetahui dosis atau takarannya, sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tubuh.
 
(FIR)
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif