Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Kisah Wanita Gejala Asma Berujung Kanker Paru

Rona kisah kanker paru-paru
Sunnaholomi Halakrispen • 04 September 2020 18:59
Jakarta: Selama empat tahun, dokter memberi tahu Lori Morris bahwa dia menderita asma. Namun ternyata, kanker paru-paru perlahan menyebar ke seluruh tubuhnya.
 
Hampir berusia 50 tahun, ia siap untuk menerima apa pun terhadap kondisimya. Pada usia 49 tahun, Lori Morris menyelesaikan pendakian yang biasanya menantang seseorang setengah usianya, yakni mendaki puncak tertinggi di California, Gunung Whitney setinggi 14.505 kaki.
 
Maklum, Morris merasa hebat. Tetapi dua minggu kemudian, dia mulai mengi dan merasa seperti tidak bisa bernapas. Apakah itu asma? Infeksi paru-paru? Baik Morris atau dokternya meyakini wanita sehat dan kuat ini benar-benar memerangi kanker paru-paru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini pada bulan September 2013. Saya pikir mungkin saya telah menunda penyakit ketinggian. Tiba-tiba, saya tidak bisa menaiki tangga tanpa bernapas berat. Saya tahu ada sesuatu yang salah," kenang Morris dikutip dari The Healthy.
 
Morris selalu aktif melakukan aktivitas fisik, seperti kelas spin, yoga, dan hiking, adalah bagian rutin dari jadwalnya. Dokter perawatan utamanya memberi tahu dia bahwa itu infeksi paru-paru serta memberi resep antibiotik dan inhaler tetapi tidak ada yang membantu.
 
Morris kembali ke dokternya beberapa bulan kemudian, masih sakit, dan mendapat diagnosis asma. Ini sedikit lebih dekat dengan kebenaran, karena asma adalah salah satu dari enam gejala kanker paru yang tidak boleh Anda abaikan. Tetap saja, Morris tahu ada sesuatu yang salah.
 
"Saya pergi ke UCLA, tempat para dokter melakukan rontgen dan pemeriksaan fisik lengkap. Tetapi mereka tidak mendekati masalah sebenarnya," tutur Morris.
 
"Mereka mengatakan saya baik-baik saja, dan bertanya bagaimana keadaan asma saya. Saya terus menggunakan inhalernya meskipun mereka tidak membantu," terangnya.
 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif