Jumlah Karbohidrat yang Sebaiknya Dikonsumsi per Hari (Foto: gettyimages)
Jumlah Karbohidrat yang Sebaiknya Dikonsumsi per Hari (Foto: gettyimages)

Jumlah Karbohidrat yang Sebaiknya Dikonsumsi per Hari

Rona kesehatan
Raka Lestari • 18 Agustus 2018 14:00
Jakarta: Banyak orang yang menganggap bahwa mengonsumsi karbohidrat bisa menyebabkan dampak buruk pada tubuh manusia. Namun sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.
 
Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa melakukan diet rendah karbohidrat secara drastis dapat mengurangi jangka hidup Anda, terutama jika Anda mengganti karbohidrat untuk daging dan produk susu.
 
Menurut Kirsty Bamping, ahli diet terdaftar, karbohidrat adalah komponen yang penting dalam semua makanan manusia, terlepas dari apakah mereka makan daging atau tidak. "Saran makan-makanan yang sehat adalah  lebih dari sepertiga dari makanan Anda harus terdiri dari makanan bertepung, seperti kentang, roti, nasi dan pasta, dan sepertiga lainnya harus berupa buah dan sayuran," ujar Bamping kepada The Independent.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini berarti bahwa lebih dari setengah asupan kalori harian Anda harus berasal dari makanan bertepung, buah dan sayuran. Ini berlaku bagi Anda yang pemakan daging, vegetarian atau vegan," kata Bamping.
 
Menurut National Health Service, Organisasi Kesehatan di Inggris, setiap individu harus makan setidaknya 260g karbohidrat sehari.
 
Bamping menjelaskan bahwa karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh sebagai bagian dari diet bergizi dan seimbang karena mereka dipecah menjadi glukosa ketika dimakan sebelum diserap ke dalam aliran darah. Ketika tubuh rendah glukosa, ini dapat menyebabkan ketosis dan Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala seperti merasa dehidrasi, lemah, dan bahkan pingsan.
 
Penelitian yang diterbitkan dalam Lancet Public Health menyatakan bahwa pemakan daging saja lebih berisiko mengalami kondisi kesehatan yang berbahaya ketika mengikuti diet rendah karbohidrat yang ketat, karena mereka lebih mungkin mengganti karbohidrat dengan lemak dan protein seperti daging, keju, mentega dan susu.
 
Menurut seorang ahli gizi, Rhiannon Lambert mengatakan bahwa yang terpenting adalah dengan mengonsumsi jenis karbohidrat yang tepat dan fokus pada manfaat gizi dari makanan Anda daripada jumlah makanan Anda, dapat membantu Anda menjalani gaya hidup yang lebih sehat.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif