Nyeri payudara saat hamil atau menstruasi bisa diatasi, Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Nyeri payudara saat hamil atau menstruasi bisa diatasi, Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Solusi untuk Sakit dan Nyeri Payudara

Rona kesehatan
Timi Trieska Dara • 10 Oktober 2019 08:00
Jakarta: Saat menstruasi atau hamil, keduanya membuat payudara Anda terasa sakit karena adanya fluktuasi hormon. Anda juga mungkin memerhatikan bahwa payudara Anda menjadi lebih besar pada hari-hari menjelang menstruasi-ini adalah hasil dari peningkatan jumlah estrogen yang diproduksi oleh tubuh Anda.
 
Progesteron mengambil alih begitu menstruasi Anda datang dan pergi, yang juga menyebabkan nyeri payudara.
 
Ketika Anda hamil, nyeri payudara karena tubuh Anda mulai memproduksi hormon kehamilan, yaitu estrogen, progesteron, dan prolaktin, yang merangsang payudara Anda dan menyebabkan kelenjar susu di dalamnya tumbuh untuk mempersiapkan peran utama mereka dalam memberi makan bayi Anda yang baru lahir. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kalau sudah begini, apa solusi yang dapat meredakan nyeri payudara Anda? Kimberly A. Daly dan rekan penulisnya memberikan tips bagi Anda.

1. Kenakan bra yang lebih mendukung

Anda mungkin ragu-ragu untuk mengemas semua pakaian dalam Anda yang berenda, tetapi bra kecil itu mungkin tidak membantu situasi Anda. Memberi payudara Anda dukungan yang dibutuhkan kemungkinan besar akan terasa lebih baik. Patrick Duff, M.D., seorang Ob-Gyn di University of Florida, Gainesville, merekomendasikan pemasangan yang tepat untuk bra yang lebih mendukung.
 
"Bra dengan cakupan penuh akan lebih mendukung, dengan mengangkat payudara dan menekan area tersebut." Atau, Anda mungkin menemukan bahwa memakai bra ukuran besar atau bra olahraga membantu.
 
Jika Anda merasa tidak nyaman untuk tidur tanpa busana bahkan di malam hari, mengenakan bra tidur yang nyaman ke tempat tidur dapat membuat Anda lebih terlelap.

2. Buat zona "tanpa sentuhan"

Payudara penuh Anda akan benar-benar menarik bagi pasangan Anda, tetapi menyentuh dan menambah tekanan hanya akan memperburuk keadaan. Rawat payudara kehamilan Anda dengan hati-hati sampai pegal berkurang.
 
Solusi untuk Sakit dan Nyeri Payudara
(Kol yang sudah didinginkan bisa jadi solusi nyeri payudara Anda. Lakukan hingga terasa lebih baik. Foto: Jez Timms/Unsplash.com)

3. Pilihlah pakaian yang longgar

Saat payudara Anda membesar selama kehamilan, atasan yang ketat mungkin bukan hal yang baik dan lapisan dalam bisa memperparah payudara sensitif. Gunakan pakaian yang longgar dan tidak mengiritasi payudara Anda.

4. Coba kompres dingin

Letakkan handuk di atas dada Anda dan letakkan es ke area tersebut (sekantong kacang polong beku juga bisa!)

5. Mandi air hangat

Tidak semua orang merespons terapi dingin, jadi jika Anda tidak menemukan kelegaan dari kompres es, cobalah menghabiskan waktu dengan mandi uap. "Panasnya bisa membantu merilekskan otot-otot di sekitarnya dan meredakan ketegangan," kata Duff.

6. Pereda nyeri yang disetujui dokter

Jika rasa sakitnya benar-benar membuat kesal, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda dapat mengonsumsi Tylenol. Tapi konsultasikan terlebih dahulu.
 
Apa yang menyebabkan nyeri payudara setelah kehamilan?
Ah ya — Anda pikir Anda akhirnya akan lepas dari sakit payudara sekarang setelah Anda melahirkan bayi Anda yang cantik. Sayangnya, ini tidak terjadi, karena selama hari-hari ASI Anda masuk (biasanya mulai tiga atau empat hari setelah kelahiran) cenderung dikaitkan dengan payudara yang penuh, bahkan keras, dan menyakitkan. 
 
Ini dikenal sebagai pembengkakan dan normal dan untungnya, ASI mengisi payudara Anda.

Berapa lama setelah melahirkan akan nyeri payudara bertahan?

Payudara Anda akan membengkak atau nyeri hingga dua hingga lima hari setelah Anda melahirkan (ini disebut pembengkakan). Itu terjadi karena tubuh Anda mencari tahu berapa banyak susu yang Anda butuhkan untuk menghasilkan dan kapan, dan ini dapat membuat payudara Anda membengkak atau terasa sangat keras. 
 
Sebagian besar wanita dapat mengetahui kapan ASI-nya masuk — payudara Anda mungkin terasa seperti benda asing yang menempel di tubuh Anda.
 
Cara lainnya adalah tempelkan satu lapisan sayur kol mentah yang telah didinginkan (di dalam kulkas atau diberi es batu) lalu tempelken beberapa saat sampai payudara tidak sakit lagi. Lakukan beberapa kali jika diperlukan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif