NEWSTICKER
Hindari menyentuh mulut, mata dan hidung. Bersihkan tangan Anda sehabis melakukan apa pun, jangan bosan-bosan. (Foto: Pexels.com)
Hindari menyentuh mulut, mata dan hidung. Bersihkan tangan Anda sehabis melakukan apa pun, jangan bosan-bosan. (Foto: Pexels.com)

Bagaimana Covid-19 Menyebar dan Bagaimana Anda Melindungi Diri?

Rona Virus Korona virus corona cara virus korona menyebar
Timi Trieska Dara • 16 Maret 2020 12:18
Jakarta: Virus korona covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan virus korona baru yang diperkenalkan kepada manusia untuk pertama kali. Penyakit ini menyebar sebagian besar dari orang ke orang melalui percikan air liur ketika orang yang terinfeksi berbicara, batuk, atau bersin.
 
Dilansir dari WHO, percikan ini dapat masuk ke mulut atau hidung orang yang ada di dekatnya. Percikan air liur itu juga terlalu berat untuk melintas jauh di udara. 
 
"Air liur itu hanya melintas sekitar 1 meter dan cepat mengendap di permukaan. Ini adalah penyebab penyebaran orang ke orang sebagian besar terjadi dengan kontak dekat," terang WHO dalam keterangannya Coronavirus disease (Covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berapa lama tepatnya virus itu bisa bertahan di permukaan? Belum diketahui. Jadi, sebaiknya bersihkan permukaan secara teratur terutama di daerah sekitar orang yang terinfeksi covid-19.
 
Tangan menyentuh banyak permukaan, yang mana bisa terkontaminasi dengan virus. Karena itu Anda seharusnya tidak menyentuh mata Anda, hidung, atau mulut, sejak tangan terkontaminasi yang dapat mentransfer virus dari permukaan ke diri Anda.
 
Ketika batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan siku bagian dalam atau gunakan tisu. Jika tisu sudah digunakan, buang segera ke tempat sampah yang tertutup.
 
Cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus korona adalah sering membersihkan tangan Anda dengan pembersih tangan beralkohol atau cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Ini akan menghilangkan virus di tangan Anda. Jaga kesehatan dan cegah penyebaran covid-19. 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif