NEWSTICKER
Penularan air kencing tikus ke dalam tubuh manusia sangat potensial saat banjir. (Foto: Pexels.com)
Penularan air kencing tikus ke dalam tubuh manusia sangat potensial saat banjir. (Foto: Pexels.com)

Anak-anak Hindari Bermain Air di Banjir

Rona tips saat banjir
Yatin Suleha • 25 Februari 2020 11:27
Jakarta: Jakarta mengalami genangan air dan beberapa daerah juga terendam banjir cukup parah. Pada kondisi ini banyak sekali terlihat anak-anak malah senang bermain di genangan atau air banjir. 
 
Dilansir dari berbagai sumber air banjir bisa jadi terdapat kuman dan kotoran. Dan sebaiknya orang tua memberikan pengertian pada anak-anak agar tidak bermain atau berenang di air banjir tersebut karena bisa terkena leptospirosis.
 
Leptospirosis adalah penyakit yang dapat ditularkan melalui kencing tikus. Penularannya masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir, mata, hidung, kulit yang lecet dan makanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Kesehatan RI Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad (K) RI mengatakan dalam rilis Kemkes.go.id penularan air kencing tikus ke dalam tubuh manusia sangat potensial saat banjir. 
 
"Genangan air yang memasuki setiap sudut rumah memudahkan aliran air kencing tikus masuk ke dalam tubuh manusia," ungkapnya dalam rilis di laman yang sama.
 
"Warga terdampak banjir harus terhindar dari leptospirosis. Intinya menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat seperti sebelum makan harus cuci tangan pakai sabun. Hal tersebut sangat mendasar namun efeknya ke kesehatan sangat berpengaruh, karena tangan menjadi media langsung antara makanan hingga ke mulut," kata Menkes Terawan.
 
Tanda-tanda terkena leptospirosis antara lain menggigil, batuk, demam, sakit kepala, nyeri otot, hilangnya nafsu makan, mata merah dan iritasi.
 
Jika anak Anda sudah terlanjur bermain, ajaklah untuk berhenti bermain di air genangan banjir serta bersihkan tubuh dengan sabun dan air mengalir. Dan tetap jaga kesehatan tubuh, minum air putih, dan makan makanan berserat dan bervitamin serta terus jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif