Sejumlah orang tertekan dengan kondisi berat badan yang tidak ideal. (Ilustrasi/Pexels)
Sejumlah orang tertekan dengan kondisi berat badan yang tidak ideal. (Ilustrasi/Pexels)

6 Masalah Berat Badan yang Pengaruhi Kualitas Hidup

Rona obesitas
Sunnaholomi Halakrispen • 18 September 2020 16:06
Jakarta: Sejumlah orang tertekan dengan kondisi berat badan yang tidak ideal. Mulai dari kegemukan, hingga terlalu kurus. Ternyata, hal tersebut bukan hanya memengaruhi penampilan diri mereka terhadap orang lain.
 
Ada sejumlah masalah terkait berat badan lainnya yang dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. Berikut 6 di antaranya, dikutip dari Mayo Clinic.
 
1. Depresi
2. Disabilitas
3. Masalah seksual
4. Malu dan bersalah
5. Isolasi sosial
6. Prestasi kerja rendah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila Anda berisiko mengalami obesitas, kelebihan berat badan, atau berat badan yang tidak sehat, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah kenaikan berat badan dan masalah kesehatan terkait. Langkah-langkah mencegah penambahan berat badan sama dengan langkah-langkah menurunkan berat badan.
 
Pertama, olahraga harian secara teratur. Anda perlu melakukan aktivitas dengan intensitas sedang selama 150 hingga 300 menit dalam seminggu untuk mencegah penambahan berat badan.
 
Kemudian, jalankan pola makan sehat, dan komitmen jangka panjang, untuk memerhatikan apa yang Anda makan dan minum. Aktivitas fisik yang cukup intens termasuk berjalan cepat dan berenang, juga perlu dilakukan.
 
Selanjutnya, ikuti rencana makan sehat. Amda perlu fokus pada makanan rendah kalori dan padat nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Hindari lemak jenuh dan batasi permen dan alkohol. Lalu, makan tiga kali sehari dengan ngemil terbatas. 
 
Anda tetap dapat menikmati makanan tinggi lemak dan kalori dalam jumlah kecil sebagai camilan yang sesekali disantap. Pastikan juga untuk memilih makanan yang meningkatkan berat badan yang sehat dan kesehatan yang baik hampir sepanjang waktu.
 
Selain itu, segera identifikasi situasi yang memicu makan di luar kendali. Cobalah membuat jurnal dan tulis apa yang Anda makan, seberapa banyak Anda makan, kapan Anda makan, bagaimana perasaan Anda, dan seberapa lapar Anda. 
 
Setelah beberapa saat, Anda akan melihat pola yang muncul. Anda dapat merencanakan ke depan, mengembangkan strategi untuk menangani jenis situasi tersebut, dan tetap mengontrol perilaku makan Anda.
 
Orang yang menimbang berat badannya sendiri setidaknya sekali seminggu, lebih berhasil dalam menjaga berat badan. Jangan lupa, bersikaplah konsisten dengan berpegang pada rencana berat badan sehat Anda selama seminggu, di akhir pekan, dan di tengah liburan, untuk sukses dalam jangka panjang.
 


 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif