NEWSTICKER
Pekerjaan adalah salah satu aspek kehidupan yang banyak mengambil waktu dan energi Anda. (Ilustrasi/Pexels)
Pekerjaan adalah salah satu aspek kehidupan yang banyak mengambil waktu dan energi Anda. (Ilustrasi/Pexels)

3 Faktor yang Buat Anda Bahagia saat Bekerja

Rona lapangan pekerjaan tips bekerja lebih produktif
Kumara Anggita • 17 Maret 2020 11:03
Jakarta: Pekerjaan adalah salah satu aspek kehidupan yang banyak mengambil waktu dan energi Anda. Oleh karena itu, usahakan Anda melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bisa membuat Anda secara keseluruhan bahagia. 
 
Tentunya ini adalah hal yang tak mudah namun bisa Anda dapatkan dengan sedikit usaha. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui faktor-fator apa yang membuat Anda bahagia dengan kerjaan Anda.
 
Berikut tiga faktor yang buat Anda bahagia bekerja dari Survei Job Happiness Index 2017, yang dilakukan bersama oleh JobStreet.com dan jobsDB yang dilangsungkan dari 31 Juli 2017 hingga 31 Agustus 2017 ini dilakukan terhadap 35.513 pegawai dari 7 negara dengan ekonomi terbesar di Asia.

Kolega

Survei ini dilakukan pada pegawai muda yang berusia 21-30 tahun dan pegawai senior yang berusia 31 hingga 45 tahun. Jawabannya ada sedikit berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mereka yang masih pegawai muda berusia 21-30 tahun, kolega merupakan faktor utama yang membuat pekerjaan jadi terasa lebih menyenangkan. Sementara pegawai senor yang berusia 31-45 tahun melihat kolega sebagai sumber kebahagiaan di peringkat dua.
 
Pilihan ini sesungguhnya berkaitan. Pegawai muda cenderung perlu membangun hubungan yang bermakna di awal karir guna memperluas lingkaran sosial mereka di masa depan. Sementara pegawai senior hanya perlu fokus dalam menjaga hubungan yang harmonis dengan kolega dan rekan kerja mereka untuk mencegah terjadinya konflik di tempat kerja.

Lokasi kerja

Faktor ke-2 yang buat para kerja merasa bahagia adalah lokasi tempat kerja. Pegawai senior melihat lokasi kerja sebagai faktor kebahagiaan paling utama. Hal ini terjadi karena pegawa senior umumnya sudah berkeluarga dan ingin berada di rumah secepat mungkin dibandingkan mereka yang masih muda.

Reputasi perusahaan

Sementara yang menduduki peringkat ketiga adalah reputasi kantor. Baik pegawai muda dan pegawai senior sama-sama berpikir bahwa reputasi tidak menjadi faktor kebahagiaan yang utama. Namun pegawai muda dan senior memiliki alasan yang berbeda.
 
Pegawai muda berpikir bahwa bekerja di perusahaan bergengsi berpotensi memberikan nilai tambah pada resume mereka. Sementara pegawai senior memilih perusaan yang serupa dengan alasan untuk mendapatkan tunjangan pegawai yang lebih baik, bukan hanya untuk diri mereka sendiri namun juga bagi anggota keluarga mereka.
 
Itulah tiga faktor yang mendorong Anda berkerja dengan bahagia. Bila sekarang Anda belum merasa bahagia, mungkin Anda bisa pertimbangkan untuk mencari tiga hal ini di tempat kerja yang baru.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif