Kebutuhan gizi anak melalui kemudahan akses nutrisi serta literasi kesehatan untuk orang tua di tengah situasi pandemi covid-19. (Foto: Istimewa)
Kebutuhan gizi anak melalui kemudahan akses nutrisi serta literasi kesehatan untuk orang tua di tengah situasi pandemi covid-19. (Foto: Istimewa)

Dukungan untuk Para Ibu, Permudah Akses Nutrisi dan Literasi di Saat Pandemi

Rona kesehatan keluarga
Yatin Suleha • 09 September 2020 17:18
Jakarta: Pemenuhan nutrisi si kecil tentunya menjadi kunci tumbuh kembangnya yang maksimal. Seakan tak mengenal kata berhenti, perhatian pada asupan gizi bagi anak-anak tak berhenti hanya karena pandemi covid-19 melanda. Hal ini karena periode emas pada anak-anak tidak akan terulang kembali.
 
Dan ini merupakan masa esensial bagi anak-anak untuk mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup, guna mendukung mereka menjadi sumber daya manusia yang maju. 
 
Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) memprediksi bahwa 40 persen tenaga kerja berisiko mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) hingga akhir 2020, kondisi yang sedikit banyak dapat berpengaruh bagi pemenuhan nutrisi anak. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh karena itu, Danone Specialized Nutrition Indonesia berkomitmen untuk permudah akses nutrisi dan berikan edukasi kepada anak anak Indonesia dengan bekerja sama dengan berbagai pihak.
 
Widianto Juwono, Sales Director Danone SN Indonesia mengatakan, “Pemenuhan nutrisi anak-anak di Indonesia mengalami berbagai tantangan di masa pandemi mulai dari faktor ekonomi, kekhawatiran saat ke luar rumah, maupun kondisi lainnya.”
 
“Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia senantiasa berkomitmen dalam mendukung pemenuhan gizi dan kesehatan bagi anak-anak di Indonesia, terutama pada kondisi seperti ini. Kami ingin membantu orang tua untuk memenuhi kebutuhan gizi anak melalui kemudahan akses nutrisi, berkontribusi pada masyarakat terutama yang terdampak pandemi, hingga menyediakan literasi kesehatan untuk orang tua,” tambah Widianto.
 
 
 

Memaksimalkan opsi belanja secara online

Untuk mendukung pemenuhan nutrisi bagi anak bangsa melalui akses nutrisi yang mudah, sejak April 2020, Danone SN Indonesia bekerja sama dengan toko-toko ritel antara lain Indomaret dan Alfamart. 
 
Hal ini guna memaksimalkan opsi belanja online dengan fasilitas layanan pengiriman gratis yang bertujuan memastikan para ibu dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk anaknya selama pandemi dengan cara yang paling aman.
 
“Kerja sama Alfamart dengan Danone SN Indonesia merupakan sebuah perwujudan komitmen kami kepada konsumen kami di seluruh Indonesia. Pembelanjaan secara daring memang merupakan pilihan paling aman yang dirasakan oleh banyak ibu. Selama periode April-Juni 2020 tercatat sebanyak lebih dari 100.000 ibu di Indonesia telah menggunakan kemudahan ini untuk pemenuhan nutrisi bagi anak-anaknya,” ujar Solihin, Corporate Affairs Director Alfamart.
 
Dukungan untuk Para Ibu, Permudah Akses Nutrisi dan Literasi di Saat Pandemi
(Selama di rumah, melalui akun media sosial SGM Eksplor dan Alfamart memberikan tips nutrisi serta memasak makanan sehat yang  bisa dilakukan oleh ibu dan keluarga di rumah. Foto: Istimewa)
 
Hambatan dalam melanjutkan maupun mendapatkan pekerjaan yang dialami orang tua memengaruhi pemenuhan gizi dan imunitas maupun kesehatan jangka panjang anak-anak. 
 
Sejak awal masa pandemi, Danone SN Indonesia dengan merek susu pertumbuhan SGM Eksplor aktif juga berkolaborasi bersama dengan berbagai pihak.
 
“Kami bekerja sama dengan Gojek, Alfamart, serta Indomaret untuk mengundang pelanggan setia masing-masing toko ritel untuk berkontribusi mengumpulkan donasi untuk keluarga dan masyarakat terdampak pandemi. Melalui kolaborasi tersebut, kami dapat mengumpulkan donasi sebesar 1 Miliar bagi mitra pengemudi ojek online, maupun 6.000 ibu-ibu dengan pendapatan rendah di seluruh Indonesia,” papar Widianto.
 
“Hal ini bertujuan untuk membantu para orang tua untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi keluarganya, khususnya anak dalam masa tumbuh kembang,” tambah Widianto.
 
 
 

Literasi edukasi

Keterbatasan akses simulasi tumbuh kembang anak dan pendidikan selama tinggal di rumah akibat pandemi ini, mencetuskan ide bagi Danone SN Indonesia dan Alfamart dalam memberikan literasi edukasi bagi para ibu melalui media sosial mengenai tumbuh kembang anak di atas usia satu tahun. 
 
Melalui akun media sosial SGM Eksplor dan Alfamart, diberikan tips nutrisi, memasak makanan sehat dan simulasi praktis yang dapat dilakukan oleh para ibu dan anaknya selama berada di rumah.
 
“Melalui upaya-upaya yang telah kami lakukan bersama dengan para mitra, kami berharap lebih banyak pihak dapat terinspirasi mendukung pemenuhan nutrisi anak-anak di Indonesia agar mereka memiliki tumbuh kembang optimal bahkan di masa pandemi. Apabila berbagai pihak bersatu dan kuat, kami optimis kita dapat mendukung anak menjadi generasi penerus Indonesia Maju,” pungkas Widianto.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(TIN)
Read All


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif