Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menunggu dengan tenang. (Foto Ilustrasi: William/Unsplash.com)
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menunggu dengan tenang. (Foto Ilustrasi: William/Unsplash.com)

Cara Meredam Situasi saat Bertengkar dengan Pasangan

Rona hubungan pasangan
Kumara Anggita • 10 Februari 2019 20:08
Jakarta: Emosi saat bertengkar dengan pasangan terkadang membuat Anda melakukan tindakan-tindakan yang begitu mengecewakan. Alhasil, Anda bingung untuk memperbaiki situasi ini.
 
Melansir dari Hufflepost, alat efektif untuk menyelamatkan hubungan Anda dari situasi semacam ini adalah proses yang disebut Wave, yang terdiri dari, menunggu, memberi pengakuan, Validasi, dan Berempati. Berikut penjelasannya:
 
-Menunggu
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menunggu dengan tenang. Waktunya tidak menentu, tergantung kebutuhan masing-masing orang. Anda harus bersepakat dengan pasangan mengenai ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada situasi ini, Anda perlu mengintropeksi diri. Kemudian tunggu sampai pasangan Anda siap berbicara. Anda punya giliran masing-masing untuk mengungkapkan perasaan.
 
-Memberikan pengakuan
Memberi pengakuan pada pasangan Anda adalah cara efektif untuk mengurangi konflik. Biarkan pasangan tahu bahwa Anda memahami apa yang mereka katakan. Tambahkan perhatian atau kasih sayang untuk menenangkannya.
 
Pengakuan di sini bukan berarti persetujuan, ini lebih seperti Anda mendengar apa yang pasangan Anda katakan dan memahaminya.
 
-Validasi
Anda harus memberikan hak atas pendapat mereka. Walaupun tidak sesuai dengan pemikiran Anda. Semua orang ingin divalidasi. Cara ini merupakan perayaan atas perbedaan.
 
-Berempati
Disebut dengan 'Introspeksi yang berubah-ubah'. Deskripsi ini diciptakan oleh Heinz Kohut, seorang psikolog. Berempati artinya, bisa melihat pasangan sebagaimana adanya, bukan dari sudut pandang Anda sendiri.
 
Proses ini membutuhkan usaha yang tidak mudah, tetapi merupakan keterampilan paling penting yang dapat kita pelajari dalam kehidupan berhubungan.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi