Menyukai teman sekolah cenderung terbatas pada kelas mata pelajaran atau ekstrakurikuler tertentu. (Foto Ilustrasi: Pablo Heimplatz/Unsplash.com)
Menyukai teman sekolah cenderung terbatas pada kelas mata pelajaran atau ekstrakurikuler tertentu. (Foto Ilustrasi: Pablo Heimplatz/Unsplash.com)

Ini Perbedaan Pacaran Zaman Dulu dengan Zaman Now

Rona hubungan pasangan
Sunnaholomi Halakrispen • 23 Januari 2019 14:39
Jakarta: Dunia digital telah merevolusi percintaan remaja. Cara anak remaja zaman now berkomunikasi dengan teman kencan dan menjaga hubungan mungkin jauh berbeda dari pengalaman yang orangtuanya miliki.
 
Kehadiran facebook, whatsapp, instagram, atau pun twitter menjadi sangat berperan dalam cara percintaan remaja saat ini. Berikut di bawah ini adegan kencan remaja yang berubah dengan adanya teknologi:
 
1. Kencan yang Dikenalkan Teman
Perkenalan teman kencan biasanya dari teman sekolah atau teman satu lingkungan rumah. Lebih luas lagi, teman Anda mungkin akan memperkenalkan Anda kepada sepupunya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, saat ini teknologi telah mengubah cara perkenalan tersebut. Akses perkenalan meluas ke seluruh dunia dengan media sosial yang memberikan peluang semakin luas.
 
Bahkan, teman kencan bisa berasal dari orang yang sama sekali belum Anda kenal sebelumnya. Berdasarkan penelitian Pew, sekitar delapan persen remaja melaporkan berkencan dengan seseorang yang pertama kali mereka temui secara online atau di jejaring sosial.
 
2. Menggoda Secara Virtual
Pengalaman orang berada pada era sebelum digital, menyukai teman sekolah cenderung terbatas pada kelas mata pelajaran atau ekstrakurikuler tertentu. Kadang kala, berpapasan di lorong sekolah.
 
Kini, cara menggoda teman kencan dilakukan secara virtual atau online. Remaja saling berkirim pesan atau lelucon, juga dengan emoticon lucu kepada teman kencan atau kekasihnya. Menggoda melalui media sosial dapat dilakukan kapan pun, bahkan saat subuh.  
 
3. Pelecehan Online
Sebelum era digital, pelecehan dari menyukai atau menaksir teman dinilai menyeramkan. Contohnya, pelecehan dengan menelepon rumah dan kemudian menutup telepon. Atau, kekasih yang melewati rumah Anda dengan sepedanya untuk memastikan apakah saat itu Anda berada di rumah.
 
Sedangkan, zaman sekarang, pelecehan seringkali terjadi di media sosial. Misalnya, gambar-gambar seksual dan pelecehan hebat lainnya. Bahkan, sekitar seperempat dari semua remaja melaporkan bahwa mereka harus memblokir pertemanan dengan seseorang yang berperilaku tidak pantas di media sosial.
 
4. Media Sosial Sumber Kecemburuan
Dahulu, kecemburuan mungkin muncul ketika melihat pacar atau kekasih Anda berbicara dengan pria atau wanita lain. Atau, ketika teman satu ekstrakurikuler kekasih Anda tengah berbincang asyik dengan kekasih Anda.
 
Kisah itu berbeda dengan sekarang yang bisa saja cemburu ketika melihat chat atau percakapan kekasih Anda dengan teman lawan jenis. Komentar di status media sosial juga menjadi pemicu besar kecemburuan. Sekitar 27 persen remaja melaporkan media sosial membuat mereka merasa cemburu dan tidak pasti tentang hubungan mereka.
 
5. Teknologi Memungkinkan Kontak Konstan
Zaman dulu, Anda mungkin duduk di rumah menunggu untuk melihat apakah pacar Anda akan menelepon pada malam minggu. Kemudian, jika pacar Anda menelepon, orang tua akan menjadi penjaga rumah. Sebaliknya, jika si dia tidak menelepon, Anda harus menunggu hari senin ketika bertemu di sekolah.
 
Sekarang, Anda tidak perlu menunggu seperti itu. Anda dengan mudah dapat mengetahui apa yang dilakukan pacar Anda melalui media sosialnya. Faktanya, 85 persen remaja mengatakan mereka berharap untuk mendengar kabar dari pasangan mereka setidaknya satu kali sehari dan 11 persen berharap dikabari pasangannya setiap jam.
 
6. Banyak Cara untuk Mengakhiri Hubungan
Ketika Anda mendapat kabar bahwa suatu hubungan telah berakhir, Anda mungkin mendapat kabar buruk melalui telepon atau secara langsung. Cara lainnya, dengan menerima surat yang tulisan tangan pacar Anda dan diletakkan di meja kelas atau dititipkan kepada teman.
 
Cara menyudahi hubungan saat ini lebih mudah dan banyak cara. Anda bisa saja memutuskan kekasih Anda melalui pesan di media sosial dan memblokir pertemanan. Seluruh chat di Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya juga dengan mudah dapat dihapus.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif