Memutus aliran listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB). Sebab itu menjadi pusat utama listrik mengalir ke rumah Anda. (Foto: Antara/M RISYAL HIDAYAT)
Memutus aliran listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB). Sebab itu menjadi pusat utama listrik mengalir ke rumah Anda. (Foto: Antara/M RISYAL HIDAYAT)

Tips PLN agar Terhindar dari Sengatan Listrik saat Rumah Banjir

Rona tips saat banjir
A. Firdaus • 25 Februari 2020 14:21
Jakarta: Banjir kembali melanda Jakarta dan sekitarnya. Hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung sepanjang Senin malam (24 Februari) hingga Selasa dini hari tadi (25 Februari), membuat sejumlah titik wilayah DKI Jakarta terendam.
 
Usai hujan, beberapa warga yang terdampak banjir ada yang sudah berada di tempat pengungsian. Namun ada juga yang memilih bertahan, lantaran memiliki rumah berlantai dua atau lebih.
 
Apa pun pilihan Anda, jika terdampak banjir diperlukan perhatian khusus terhadap listrik di rumah. Tentunya menghindari sengatan listrik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, memberikan imbauan kepada warga terdampak banjir agar selalu melakukan hal-hal berikut ini.
 
Pertama, memutus aliran listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB). Sebab itu menjadi pusat utama listrik mengalir ke rumah Anda.
 
Selain itu, jangan lupa melepas seluruh kontak alat elektronik dari rumah Anda. Kemudian merapikannya agar tak terkena air.
 
Tak lupa, Ikhsan menyarankan untuk menempatkan alat-alat elektronik Anda ke tempat yang lebih tinggi. Sebab bisa mengurangi risiko kerusakan akibat air yang masuk ke rumah.
 
"Kemudian menghubungi pihak PLN di Call Center (021) 123, atau bisa mengunjungi channel-channel kami di media sosial, seperti di Instagram (@pln_id) atau di Twitter (@pln_123)," ujar Ikshan saat dihubungi Metro TV.
 
"Di situ ada banyak informasi yang dibutuhkan warga terkait banjir," tutupnya.
 
Sebelumnya dikabarkan setidaknya ada 200 RW yang terdampak banjir di DKI Jakarta. Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah wilayah di Jakarta dilanda hujan ekstrem pada Senin dan Selasa (22-25 Februari 2020). Saat itu curah hujan di atas 150 mm per hari.
 

 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif