Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Berbahayakah Melakukan Seks saat Hamil?

Rona kehamilan
Timi Trieska Dara • 24 Januari 2020 18:12
Jakarta: Kebutuhan seks memang tak pandang waktu. Lalu bagaimana jika suami mendapatkan serangan seksual, sementara Anda masih dalam keadaan hamil? Apakah jika melakukan seksual, bisa menyebabkan keguguran?
 
Elizabeth Stewart, MD, seorang profesor kebidanan dan kandungan di Harvard Medical School, mengatakan, melakukan seks saat Anda hamil bukanlah sesuatu yang membahayakan dan tak menyebabkan keguguran.
 
"Menikmati seks saat Anda hamil adalah hal yang aman dan sehat untuk dilakukan," kata Elizabeth Stewart melansir Parents.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika mengalami orgasme, semua wanita mengalami kontraksi rahim. Hal itu disebabkan oleh prostaglandin, zat yang berasal dari air mani dan beberapa jaringan tubuh.
 
"Anda hanya merasakan kontraksi seperti ini lebih intens dibandingkan saat Anda tak hamil. Itu karena rahim Anda bengkak dan aliran darah Anda meningkat," jelas Dr. Stewart.
 
Tetapi dalam kehamilan normal, kontraksi ini tidak akan menyebabkan Anda kehilangan bayi. Cabang bayi terlindungi dengan baik dari aktivitas seksual apa pun.
 
Cabang bayi terlindugi dengan adanya kantung ketuban yang penuh cairan dan otot-otot rahim yang kuat. Selain itu dilindungi juga dari infeksi oleh sumbat lendir tebal yang menyegel serviks.
 
Melakukan seks saat hamil dikatakan berbahaya jika, Anda pernah melahirkan prematur, serviks Anda tidak kompeten atau melebar, dan jika Anda pernah mengalami pendarahan atau keputihan di vagina yang tidak dijelaskan. Ketika mendapati situasi ini, bicarakanlah dengan dokter Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif