Hindari makan pasta sebelum tidur jika tidak ingin mimpi buruk. (Foto: Pexels)
Hindari makan pasta sebelum tidur jika tidak ingin mimpi buruk. (Foto: Pexels)

4 Asupan yang Membuat Anda Bermimpi Buruk

Rona makanan sehat
Kumara Anggita • 16 Januari 2020 09:09
Jakarta: Mimpi buruk muncul bukan karena pikiran Anda semata, namun juga karena makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur. Bila Anda ingin menghindarinya, maka perhatikan beberapa makanan yang bisa memberikan mimpi buruk.
 
Sebuah penelitian mengikutsertakan 396 siswa di sebuah Universitas Kanada untuk melihat pola makan dan kualitas mimpi mereka setiap hari dalam dua minggu. Pertanyaan yang diberikan seputar kebiasaan diet, fungsi psikologis, kesehatan keseluruhan, tidur, dan kebiasaan mimpi.
 
Dari sana peneliti menemukan beberapa daftar makanan yang menyebabkan mimpi buruk. Berikut makanan yang buat Anda bermimpi buruk yang dilansir dari Eat This.

1. Keju

Produk susu tampaknya bukan pilihan terbaik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Partisipan studi yang mengonsumsi produk susu (seperti keju) sebelum tidur lebih melaporkan kerap bermimpi buruk.

2. Sambal pedas

Menurut penelitian, siswa yang makan makanan pedas sebelum tidur sulit untuk tertidur. Mereka juga mengatakan mengalami mimpi yang menegangkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alasannya karena makanan pedas mengubah suhu tubuh. Yang menurut penelitian, mengubah formasi mimpi selama tahap tidur REM (gerak mata cepat).

3. Minuman keras

Minuman keras tak hanya bisa bikin Anda mabuk, namun juga menghadirkan mimpi buruk. Peserta dalam penelitian ini melaporkan mendapat mimpi buruk dan mimpi yang menegangkan setelah minum alkohol.

4. Pasta dan Roti

Partisipan dalam penelitian ini yang mencoba makan pasta atau roti sebelum tidur dan melaporkan mengalami mimpi buruk. Ini tidak mengherankan, mengingat konsumsi gula terbukti memiliki efek yang sama.
 
Ini fakta yang sedikit diketahui, tetapi karbohidrat sebenarnya dikonversi menjadi glukosa (suatu bentuk gula) dalam tubuh. Jadi cobalah untuk makan karbohidrat Anda saat awal hari sehingga tubuh Anda punya waktu untuk memprosesnya sebelum Anda tidur.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif