Salmon sushi berasal dari Jepang? Ternyata tidak tepat. Ada cerita unik di balik terciptanya sushi yang satu ini. Inilah cerita Bjorn Eirik Olsen yang pencipta Sushi Salmon. (Foto: Dok. Isaac Quesada/Unsplash.com)
Salmon sushi berasal dari Jepang? Ternyata tidak tepat. Ada cerita unik di balik terciptanya sushi yang satu ini. Inilah cerita Bjorn Eirik Olsen yang pencipta Sushi Salmon. (Foto: Dok. Isaac Quesada/Unsplash.com)

Ternyata Sushi Salmon Tak Berasal dari Jepang

Rona kuliner jepang norwegia salmon sushi sushi salmon Bjorn Eirik Olsen
Kumara Anggita • 17 Mei 2020 00:00
Jakarta: Sushi adalah makanan yang segar, nikmat, dan disajikan sederhana namun menarik. Salah satu sushi yang sering Anda dengar adalah sushi salmon. Sushi ini termasuk yang paling terkenal di dunia. Pada umumnya langsung kita asumsikan berasal dari Jepang.
 
Namun tahukah Anda bahwa makanan segar dan lembut itu ternyata datang dari tempat lain?
 
Dilansir dari Great Big Story, Sushi Salmon ini ternyata belum ada di Jepang hingga tahun 1995. Alasannya karena salmon Pasifik ada parasitnya. Oleh karena itu, tidak ada namanya sushi salmon dan Sashimi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akan tetapi, tentunya itu semua berubah. Norwegia waktu itu memiliki masalah karena mereka punya banyak salmon dan dua pasar yang kecil. Dia mempekerjakan seorang bernama Bjorn Eirik Olsen untuk mengurus masalah ini. 
 
Dari 1986-1991 dia dan timnya bekerja untuk meyakinkan orang Jepang bahwa salmon Atlantik aman untuk dikonsumsi dan tentunya hal ini membutuhkan waktu dan proses yang panjang. 
 
Ternyata Sushi Salmon Tak Berasal dari Jepang
(Sekarang Anda bisa berterima kasih pada Bjorn karena ciptaannya yang lezat dan banyak disukai orang, yaitu Sushi Salmon. Foto: Dok. Bjorn Eirik Olsen)
 
Akirnya Bjorn dan rekannya mengakalinya dengan membuat Salmon Roll dan menyajikannya untuk makan siang bisnis. Namun makanan ini tidak disukai orang-orang Jepang dalam waktu yang lama. Seriring berjalannya waktu, akhirnya pandangan orang Jepang mulai berubah. 
 
“Sekitar 10 tahun untuk untuk membuat perubahan di pasar,” ujarnya. Jadi barulah pada 1995 sushi salmon ini diterima oleh masyarakat. Sekarang Anda tahu, sushi salmon idenya ternyata berasal dari tim dari Norwegia. 
 
Dan jangan khawatir karena kandungan salmon sangat baik yaitu, dalam satu porsi salmon terdapat vitamin D, vitamin B12, niacin, dan selenium yang diperlukan tubuh. Serta sumber B6 dan magnesium yang baik untuk dikonsumsi. Selain sehat, ternyata ada cerita di balik makanan yang kita kita selama ini berasal dari Jepang.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif