Bau prengus atau bau khas kambing biasanya datang dari jeroan. (Foto: Ilustrasi-Freepik)
Bau prengus atau bau khas kambing biasanya datang dari jeroan. (Foto: Ilustrasi-Freepik)

5 Cara Mudah Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing

Rona resep Daging Kambing
Nia Deviyana, A. Firdaus • 30 Juli 2020 19:05
Jakarta: Daging kambing menjadi sangat favorit di kala perayaan Iduladha ini. Namun sayangnya, sebagian orang harus pantang untuk bisa menikmati olahan daging kambing, karena berbagai hal.
 
Misalnya, bisa karena daging kambing yang alot, sehingga butuh cara khusus untuk bisa membuat daging bisa terasa empuk. Atau, bau khas daging kambing atau prengus hingga akhirnya bisa menghilangkan minat kita untuk memakannya.
 
Chef Jumhadi, Sous Chef Potato Head, memberikan saran untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, yaitu Anda tak perlu mencucinya dengan air. Katanya cukup bersihkan dengan lap bersih atau tisu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Daging kambing akan alot dan rasa juicy dagingnya akan hilang kalau dicuci," kata chef Jumhadi kepada Medcom.id.
 
Selain itu, ada berbagai macam tips yang bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Berikut, seperti yang dipaparkan para Legenda Kuliner Nusantara dalam Acara Bango Berbagi Tips Masakan Idul Adha beberapa waktu lalu:

1. Gunakan potongan buah nanas

Gunakan potongan buah nanas untuk menghilangkan bau prengus pada daging. Selain menghilangkan bau prengus, potongan nanas juga dipercaya bisa membuat daging empuk.
 
Caranya, cuci daging kambing sampai bersih, potong-potong. Setelah itu, campurkan daging dan potongan buah nanas di dalam satu wadah. Remas-remas daging dan potongan buah nanas, kemudian diamkan.

2. Tambahkan kecap manis dan garam saat merebus

Selain bertujuan untuk menambah citarasa pada daging yang akan diolah, cara ini juga bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Jika hanya ingin menghilangkan bau prengus, daging cukup direbus selama setengah jam. Namun, jika Anda juga ingin melembutkan daging, perebusan bisa diperlama hingga satu jam.

3. Tambahkan Rempah

Menambahkan daun salam dan lengkuas juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada kambing.

4. Jeroan

Perlu diketahui, bau prengus atau bau khas kambing biasanya datang dari jeroan. Karenanya, kita harus tahu cara mengolahnya.
 
Jeroan harus dicuci hingga benar-benar bersih. Masukan jeroan dalam air bertemperatur normal. Setelah itu, rebus dengan api besar hingga muncul buih-buih ke permukaan. Angkat dan buang buih-buih tersebut.
 
Sebagai informasi, buih-buih itu muncul ke permukaan karena merupakan sisa kotoran yang masih menempel pada jeroan. Inilah yang menyebabkan bau.

5. Lemak

Asam-asam pada lemak ini juga dapat memunculkan aroma bau prengus. Untuk itu pisahkan lemak tersebut sebelum dimasak agar bau prengus hilang.
 

(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif