Teh hangat pada pagi hari dapat membuat Anda lebih nyaman sehingga dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih baik. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Unsplash.com)
Teh hangat pada pagi hari dapat membuat Anda lebih nyaman sehingga dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih baik. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Unsplash.com)

Empat Cara Terbaik Menyeruput Teh

Rona teh
Raka Lestari • 24 Maret 2019 09:07
Tak disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi teh dalam keadaan panas. Ada baiknya untuk menunggu teh yang baru diseduh itu, dengan meminumnya dalam keadaan hangat. Sebab lebih memiliki banyak manfaat yang terkandung.
 
Jakarta:
Mungkin tak sedikit orang yang menyajikan teh tanpa mengukur suhu air. Entah itu mau disajikan untuk teh panas atau dingin, tergantung dengan kesukaan masing-masing.
 
Tapi ternyata suhu air dalam penyajian teh sangat penting. Sebab bisa berdampak bukan hanya pada rasa teh, melainkan pada manfaat teh itu sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini ada beberapa perbedaan manfaat teh yang disajikan dengan menggunakan suhu air yang berbeda-beda, seperti dilansir Bustle:


1. Suhu berdampak pada tingkat antioksidan dalam teh

Teh sangat terkenal akan kandungan antioksidan di dalamnya, namun tingkat antioksidan dalam teh akan berbeda-beda tergantung dari bagaimana Anda menyeduhnya. Menurut sebuah studi pada 2015 yang dipublikasikan oleh Journal of Food Science, tingkat antioksidan tergantung pada jenis daun teh yang digunakan dan cara penyeduhannya.
 
Hasilnya menunjukkan bahwa jika Anda ingin mendapatkan antioksidan tinggi pada teh hijau atau teh putih, maka gunakan ar dingin. Tetapi jika Anda menyeduh teh yang dikemas dalam kantung teh sebaiknya menggunakan air panas.


2. Teh yang terlalu panas dapat meningkatka risiko kanker

Menurut International Agency for Research on Cancer menemukan bahwa minuman yang terlalu panas berpotensi menyebabkan kanker. Selain itu, menurut studi pada 2018 yang dterbitkan dalam International Journal of Cancer, minum teh yang masih panas atau sesaat setelah diseduh dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker esophagus. Untuk itu sebaiknya jika Anda minum teh ditunggu sampai benar-benar dingin dan aman untuk diminum.


3. Teh yang disajikan hangat lebih baik

Mengonsumsi teh hangat pada pagi hari dapat membuat Anda lebih nyaman sehingga dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih baik. Secara psikologis, memegang gelas hangat dan mengonsumsi minuman hangat dapat meningkatkan rasa nyaman dan menghangatkan tubuh dari dalam, sehingga performa Anda pun akan lebih baik.


4. Teh hangat dapat membantu Anda ketika cuaca dingin

Ketika Anda minum minuman hangat atau panas, itu dapat menghasilkan panas tamabahan pada tubuh Anda ketika cuaca dingin. Meskipun memang dengan minum minuman panas dapat membuat Anda berkeringat, tetapi keringat Anda akan segera menguap.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif