Menurut Dokter Gigi di Stanley Dentistry, Bobbi Stanley, sakit gigi biasanya berasal dari peradangan. (Foto Ilustrasi: Mens Health)
Menurut Dokter Gigi di Stanley Dentistry, Bobbi Stanley, sakit gigi biasanya berasal dari peradangan. (Foto Ilustrasi: Mens Health)

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Rona gigi
Raka Lestari • 28 Februari 2019 18:24
Sebelum berkonsultasi ke dokter gigi, ada cara yang bisa Anda lakukan di rumah. Seperti mengunakan obat penghilang rasa sakit, atau cara tradisional seperti berkumur-kumur dengan air garam.
 
Jakarta:
Daripada sakit hati lebih baik sakit gigi ini. Tapi nyatanya sakit gigi lebih terasa nyerinya. Sebab bukan di bagian gigi saja yang dirasakan, melainkan hingga ke seluruh tubuh.
 
Jika kian merasa sakit, jangan menunda untuk mengobatinya. Sebab rasa sakit di gigi Anda menjadi pertanda pasti ada sesuatu yang salah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Dokter Gigi di Stanley Dentistry, Bobbi Stanley, sakit gigi biasanya berasal dari peradangan. Sehingga menyebabkan rasa sakit. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai masalah. Termasuk gigi berlubang, patah gigi, sakit gusi, gigi berlubang, atau enamel yang rusak dari pengunyahan gigi.
 
Untuk mengobati sakit gigi yang Anda alami, berikut ini ada beberapa bahan-bahan di rumah yang bisa Anda gunakan, seperti dikutip dari womenshealthmag.com:

1. Menggunakan obat penghilang rasa sakit

Obat-obatan yang mengandung ibuprofen dan naproxen, dapat berfungsi sebagai antiinflamasi non steroid (NSAID) yang dapat memberikan bantuan sementara. Sebab selain mengurangi peradangan, obat tersebut juga bisa mengurangi rasa sakit gigi.

2. Benzocaine gel

Benzocaine gel adalah obat yang dapat membantu mengurangi mati rasa di mulut. Ini dapat bekerja dengan baik di sekitar gusi di mana terdapat gigi yang sakit, bukan tepat di gigi itu sendiri. Namun jangan sampai menggunakannya dengan dosis yang berlebihan.

3. Campuran air hangat dan garam

Cara tradisional yang biasa dilakukan jika mengalami sakit gigi. Caranya masukkan satu sendok teh garam ke dalam cangkir berisi air hangat, setelah diaduk berkumur-kumurlah dengan campuran air dan garam tersebut selama 30 detik.

4. Menggunakan es batu

Bungkus es batu menggunakan kain lap atau handuk. Kompres di pipi Anda selama 10 menit sekali. Dingin akan mengurangi pembengkakan dan mematikan rasa sakit.

5. Kantung teh peppermint

Masukkan kantong teh ke dalam air panas, lalu peras dan masukkan ke dalam freezer. Setelah dingin, taruh di gusi Anda dan tahan oleh gigi yang sakit selama 20 menit. Kandungan mentol dalam peppermint dapat membantu mematikan rasa sakit.

6. Minyak cengkeh

Beri dua sampai tiga tetes minyak cengkeh pada bola kapas, lalu gigit kapas tersebut pada gigi yang terasa sakit selama 15 menit. Anda juga bisa menjadikannya sebagai obat kumur dengan mencampurnya dengan air panas.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif