Asupan makanan ibu hamil ketika sedang berada di penampungan perlu diperhatikan. (Foto: Dok. MI/Ramdani)
Asupan makanan ibu hamil ketika sedang berada di penampungan perlu diperhatikan. (Foto: Dok. MI/Ramdani)

Tips Wanita Hamil Trimester Akhir di Penampungan Banjir

Rona kehamilan tips saat banjir
Raka Lestari • 26 Februari 2020 14:20
Jakarta: Mempersiapkan penampungan merupakan hal yang cukup sering dilakukan ketika banjir melanda suatu wilayah. Biasanya penampungan akan didahulukan bagi mereka yang sudah berusia lanjut usia, anak-anak atau bayi, dan juga wanita hamil.
 
Dan setiap orang, terutama wanita hamil biasanya memiliki kondisi-kondisi tertentu yang perlu diperhatikan ketika sedang berada dalam pengungsian.
 
Hal ini terutama sangat penting diperhatikan bagi wanita yang sudah memasuki trimester ketiga kehamilannya tersebut. Dr. Ivander Utama, F,MAS,SpOG, dokter spesialis kandungan dari RSIA Bunda mengatakan, “Hal yang perlu diperhatikan oleh wanita hamil ketika sedang berada di penampungan adalah kebersihan makanan,” ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebersihan makanan tentunya sangat penting bagi ibu hamil karena jika mengonsumsi makanan yang kurang bersih, tentunya akan berpengaruh pada kesehatan janin yang ada dalam kandungannya juga.
 
“Ketersediaan air minum yang cukup, tempat penampungan yang kering dan hangat, dan pakaian kering harus diprioritaskan untuk ibu hamil,” tambah dr. Ivan.
 
Selain beberapa hal tersebut, dr. Ivan juga menyarankan wanita hamil untuk selalu menjaga kebersihan tangannya. “Selalu mencuci tangan dan tidak menyentuh area wajah dan mulut karena tangan mungkin mengandung bakteri seperti E.coli atau parasit seperti leptospira.”
 
“Usahakan selalu berada di tempat kering atau mengenakan pakaian yang kering atau segera ganti dengan pakaian kering (jika basah). Hal ini untuk mencegah terjadinya hipotermi atau kondisi di mana suhu tubuh menurun drastis,” ujar dr. Ivan.
 
Asupan makanan ketika sedang berada di penampungan juga perlu diperhatikan oleh wanita hamil. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein sangat disarankan untuk meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh.
 
“Beberapa jenis sayur-sayuran seperti sayuran berdaun hijau juga dapat meningkatkan kondisi daya tahan tubuh,” jelas dr. Ivan.
 
Melakukan komunikasi aktif dengan dokter kandungan yang biasa menjadi tempat melakukan konsultasi atau kontrol kehamilan juga perlu dilakukan.
 
“Segala keluhan yang tidak biasa harus disampaikan ke dokternya,” ujar dr. Ivan. Dan yang tidak kalah penting adalah kebersihan yang harus selalu dijaga. Menurut dr. Ivan, kekurangan air bersih dan infeksi pada vagina bisa menimbulkan ketuban pecah dini hingga persalinan prematur.
 

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif