Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. (Foto: PIUS ERLANGGA/Dok MI)
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. (Foto: PIUS ERLANGGA/Dok MI)

Menanti Peran Pemerintah dalam Penanganan Penyakit Demensia Alzheimer

Rona kesehatan demensia
Medcom • 25 Agustus 2020 18:45
Jakarta: Penyakit Demensia Alzheimer merupakan gangguan penurunan fungsi otak yang memengaruhi emosi, daya ingat, dan pengambilan keputusan seseorang. Penyakit ini kerap dikenal dengan pikun.
 
Sayangnya, sejumlah kebijakan terkait penanganan penderita penyakit Demensia Alzheimer ini belum bisa diterapkan. Masih menanti niat baik dari Pemerintah.
 
"Yang saat ini diperlukan untuk menangani penyakit Demensia Alzheimer di Indonesia bukan semata kita mengenali penyakitnya, tetapi lebih dari itu. Negara harus benar-benar hadir lewat sejumlah kebijakan yang bisa mengatasi penyakit Demensia Alzheimer di Indonesia secara menyeluruh," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pernyataan Rerie, sapaan akrab Lestari tersebut dilontarkan saat menerima audiensi pengurus Alzheimer Indonesia, yang dipimpin oleh DY Suharya. Pada kesempatan itu hadir pula pendiri Alzheimer Indonesia dan Regional Director Alzheimer's Diseases International, Ketua Pembina Eva Sabdono, anggota Pembina yang juga dokter ahli syaraf dan Dekan Unika Atma Jaya Dr. dr. Yuda Turana SpS, serta Koordinator kegiatan sosial Alzheimer Indonesia Michael Dirk Maitimoe, Selasa 25 Agustus.
 
Wakil Ketua MPR RI yang membidangi Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah itu mengungkapkan, penyakit Demensia Alzheimer di Indonesia belum banyak dipahami oleh masyarakat.
 
Data Alzheimer’s Disease International, World Health Organization 2017 menyebutkan ada sekitar 10 juta kasus baru setiap tahun. Pada 2016, di Indonesia diperkirakan ada sekitar 1,2 juta orang dengan Demensia (ODD). Diperkirakan akan meningkat menjadi 2 juta orang pada 2030 dan 4 juta orang pada 2050.
 
Read All


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif