Menurut Lara Heimann, ahli yoga dan terapis, jika Anda mudah sekali kehilangan fokus ketika melakukan sesuatu kemungkinan juga ada hubungannya dengan cara Anda duduk. (Foto: Pexels.com)
Menurut Lara Heimann, ahli yoga dan terapis, jika Anda mudah sekali kehilangan fokus ketika melakukan sesuatu kemungkinan juga ada hubungannya dengan cara Anda duduk. (Foto: Pexels.com)

Dampak Terlalu Lama Duduk bagi Kesehatan Otak

Rona kesehatan
Raka Lestari • 12 Maret 2019 20:07
Menurut Lara Heimann, ahli yoga dan terapis, jika Anda mudah sekali kehilangan fokus ketika melakukan sesuatu kemungkinan juga ada hubungannya dengan cara Anda duduk. Dr Aida Quka, spesialis neurologi mengatakan duduk terlalu lama juga bisa membuat gerakan Anda menjadi lamban, hal itu karena saat duduk terlalu lama akan menyebabkan kekurangan oksigen pada otak Anda.
 

 
Jakarta:
Di zaman yang sudah serba canggih dan mudah ini, manusia lebih sedikit bergerak. Terutama mereka yang bekerja di dalam kantor yang harus duduk sepanjang hari. Dan mungkin Anda sudah mengetahui bahwa duduk terlalu lama memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan. Namun baru-baru ini ditemukan bahwa duduk terlalu lama bukan hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja tetapi juga berdampak pada kesehatan otak Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Duduk dilakukan tidak hanya ketika bekerja saja tetapi juga ketika menonton TV, beristirahat, atau bahkan saat membaca buku,” ujar Dr Neha Pagidipati, kardiologis di Duke University.
 
Dilansir dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa dampak dari duduk berlebihan terhadap kesehatan otak Anda.
 
(Baca juga: Enam Penyakit Akibat Duduk Terlalu Lama)
 
Dampak Terlalu Lama Duduk bagi Kesehatan Otak
(Dr Aida Quka, spesialis neurologi mengatakan duduk terlalu lama juga bisa membuat gerakan Anda menjadi lamban, hal itu karena saat duduk terlalu lama akan menyebabkan kekurangan oksigen pada otak Anda. Foto: Pexels.com)

1. Memori

Jika Anda merasa mudah lupa menyimpan ponsel atau mudah lupa hal-hal penting mungkin salah satu penyebabnya adalah bagaimana Anda duduk.
 
“Meskipun duduk terlihat tidak membahayakan, duduk terlalu lama memiliki dampak negatif terhadap aliran darah menuju kepala karena berhubungan dengan kemunduran beberapa bagian pada otak yang berfungsi untuk memelihara baik memori baru dan yang sudah lama,” ujar Beth Shaw, CEO/founder Yoga Fit, dan konselor nutrisi terdaftar.

2. Menurunkan fokus

Menurut Lara Heimann, ahli yoga dan terapis, jika Anda mudah sekali kehilangan fokus ketika melakukan sesuatu kemungkinan juga ada hubungannya dengan cara Anda duduk.
 
“Ketika Anda sedang duduk, bagian musculoskeletal system atau cardiopulmonary system pada tubuh Anda tidak aktif sehingga dapat berdampak pada fungsi otak Anda.” Ia juga menambahkan bahwa ketika Anda duduk, Anda kehilangan dorongan neurotransmitter.

3. Membuat Anda menjadi lamban

Dr Aida Quka, spesialis neurologi mengatakan duduk terlalu lama juga bisa membuat gerakan Anda menjadi lamban, hal itu karena saat duduk terlalu lama akan menyebabkan kekurangan oksigen pada otak Anda.
 
Meskipun mungkin terdengar menyeramkan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi efek duduk terlalu lama pada kesehatan otak. Salah satunya adalah dengan peregangan setiap beberapa jam Anda duduk atau bisa berjalan-jalan untuk merelaksasi otak Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi