Bincang seputar operasi bedah Bariatrik (Foto: Medcom/Abas)
Bincang seputar operasi bedah Bariatrik (Foto: Medcom/Abas)

Obesitas Kurangi Angka Harapan Hidup

Rona obesitas
Dhaifurrakhman Abas • 16 Maret 2019 14:24
Jakarta: Gaya hidup yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik akan memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan dan gangguan metabolik. Hal ini berdampak pada obesitas.
 
Sayangnya, angka obesitas di Indonesia kian meningkat. Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan penduduk Indonesia yang berumur di atas 18 tahun mengalami obesitas.
 
"Pada 2018 ini menunjukkan kenaikan,  yang di mana penduduk Indonesia mengalami obesitas sekitar 21,8 persen," kata Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp. B-KBD selaku dokter spesialis bedah konsultan bedah digestif Rumah Sakit Pondok Indah di Jakarta, Kamis 14 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Peter menyatakan, obesitas merupakan salah satu penyakit yang dapat menurunkan angka harapan hidup seseorang. Sebab, penyakit ini amat berisiko menimbulkan komplikasi serius, seperti jantung dan stroke.
 
"Obesitas dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit lain," ujarnya.
 
Dia mengimbau masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari risiko obesitas. Misalnya, dengan rajin olah raga dan menjaga asupan makanan.
 
Kalaupun mencurigai diri terserang obesitas, dia mengimbau untuk segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.  Salah satu pertanda obesitas, kata dia, ketika sesorang memiliki indeks massa tubuh (IMT) di atas normal.
 
"Jika tidak di tangan secara cepat dapat berkembang menjadi obesitas morbid dengan risiko gangguan kesehatan yang semakin tinggi,” imbuhnya.
 
Beberapa penanganan diperlukan dalam mencegah obesitas. Salah satunya dengan  menggunakan metode operasi bedah Bariatrik.
 
Beberapa peneliti mengatakan Bariatik merupakan salah satu metode yang paling ampuh menangani obesitas. Hasil studi yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity juga mengungkap Bariatrik mengurangi angka kematian akibat komplikasi obesitas.
 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi