Tepung almond dianggap menjadi pilihan yang lebih sehat dibandingkan jenis tepung lain. (Ilustrasi /Pexels)
Tepung almond dianggap menjadi pilihan yang lebih sehat dibandingkan jenis tepung lain. (Ilustrasi /Pexels)

Kandungan Nutrisi pada Tepung Almond

Rona nutrisi
Raka Lestari • 04 Februari 2020 11:25
Jakarta: Tepung almond atau almond flour merupakan salah satu jenis tepung-tepungan yang cukup populer. Sebab, tepung almond dianggap menjadi pilihan yang lebih sehat dibandingkan jenis tepung lain.
 
Tepung almon yang mudah dipadukan dengan berbagai macam kue kering juga menjadikan tepung almond menjadi pilihan untuk menggantikan tepung terigu biasa.
 
"Selain memiliki sedikit rasa kacang, namun halus, tepung almond menjadi pilihan yang disukai karena bebas gluten dan mengandung lebih banyak protein daripada tepung biasa," kata Bonnie Taub-Dix, RDN, ahli gizi dan penulis Read It Before You Eat It, seperti dimuat womenshealthmag.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menjadi pilihan yang baik untuk Anda, tepung almond juga sangat mudah digunakan. "Saya suka sekali memanggang dengan tepung almond karena cocok digunakan untuk mengganti jenis tepung lain dengan kandungan gizi yang lebih rendah,” kata Taub-Dix.
 
Dia menuturkan, tepung almond juga menambah rasa yang lebih kaya. Taub- Dix sering merekomendasikan tepung almond untuk memanggang, membuat ayam atau ikan, atau sup kental.
 
"Biasanya, tepung almond dibuat dengan cara merebus kacang almond (almond yang telah direbus dengan cepat sehingga kulitnya dapat dihilangkan). Kemudian, mereka dihaluskan menjadi bubuk halus menggunakan blender atau pengolah makanan dan diayak menjadi bubuk halus," jelas Taub-Dix.
 
Dengan kandungan lemak, serat, dan protein yang lebih tinggi dibandingkan tepung terigu, tepung almond juga sarat dengan vitamin E dan antioksidan yang membantu otak, mata, kulit, dan kesehatan reproduksi.
 
Tepung almond juga tinggi magnesium, mineral yang dapat berkontribusi untuk kesehatan jantung dan membantu mencegah migrain. Plus, kandungan niasin pada tepung almond yang tinggi sangat membantu bagi mereka yang menderita peradangan yang berhubungan dengan arthritis.
 
Berdasarkan USDA, berikut ini adalah kandungan yang terdapat dalam seperempat cangkir tepung almond:
 
Kalori: 170
Lemak: 15 g
Lemak jenuh: 1 g
Protein: 24 g
Karbohidrat: 6 g
Serat: 2 g
Gula: 1 g
Sodium: 0 mg
Kalsium: 66 mg
Zat besi: 1 mg
Kalium: 190 mg
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif