NEWSTICKER
Kebanyakan antiseptik mengandung bahan dasar alkohol yang berisiko merusak kulit jika digunakan terus-menerus. (Ilustrasi/Pexels)
Kebanyakan antiseptik mengandung bahan dasar alkohol yang berisiko merusak kulit jika digunakan terus-menerus. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Aman Menggunakan Antiseptik

Rona Virus Korona virus corona covid-19 hand sanitizer
Sunnaholomi Halakrispen • 27 Maret 2020 10:03
Jakarta: Kebanyakan antiseptik mengandung bahan dasar alkohol yang berisiko merusak kulit jika digunakan terus-menerus. Agar tidak semakin berisiko, lakukan sejumlah langkah sebagai tips aman.
 
Namun sebelumnya, pahami dahulu sifat antiseptik. Perlu dibedakan cairan disinfektan dengan antiseptik. 
 
Antiseptik dan disinfektan keduanya dapat membunuh mikroorganisme, tapi sering kali kedua istilah ini terbalik-balik. Antiseptik adalah sesuatu yang digunakan pada tubuh, misalnya kulit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Contohnya, hand santitizer dan sabun antiseptik. Sedangkan disinfektan merupakan sesuatu yang disemprotkan pada permukaan benda mati seperti meja, kaca, pegangan tangga, dan lain-lain.
 
"Produk antiseptik/disinfektan dapat merusak lapisan lemak pada kulit, merusak ikatan antara sel kulit, dan menurunkan kemampuan kulit dalam mengikat air," ujar dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, kepada Medcom.id.
 
Rusaknya lapisan lemak kulit terutama diakibatkan oleh detergen pada sabun dan alkohol yang dapat menghilangkan lemak kulit. Kondisi tersebut dapat mengurangi fungsi perlindungan kulit. 
 
"Rusaknya lapisan kulit juga dapat merusak flora normal kulit, yaitu bakteri baik yang normal pada kulit, sehingga pertahanan terhadap infeksi dapat menjadi lebih lemah," tuturnya.
 
Apabila tangan Anda mengalami iritasi terhadap penggunaan antiseptik, tangani segera. Ada sejumlah tips yang dapat dilakukan. Pertama, jangan menggunakan air panas saat mencuci tangan. 
 
"Kedua, langsung gunakan hand cream setelahnya. Pilih pelembab yang berbentuk tube, bukan pot, untuk mengurangi risiko kontaminasi," paparnya.
 
Kemudian, keringkan dengan angin. Bisa juga dengan menggunakan handuk atau tissue lembut. Caranya, tangan ditepuk-tepuk atau tidak di gosok dan tidak menggunakan produk yang kasar.
 
Selain itu, pemilihlah antiseptik berbasis alkohol yang mengandung pelembab. Baik sabun cuci tangan maupun hand sanitizer. Apabila Anda hendak menggunakan sarung tangan, jangan langsung dipakai.
 
"Apabila akan memakai sarung tangan atau gloves, keringkan antiseptik sampai benar-benar kering. Terakhir, bilas sabun sampai benar-benar bersih," pungkasnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif