5 Makanan Rendah Garam untuk Penderita Hipertensi (Foto: gettyimages)
5 Makanan Rendah Garam untuk Penderita Hipertensi (Foto: gettyimages)

5 Makanan Rendah Garam untuk Penderita Hipertensi

Rona makanan sehat hipertensi
Torie Natalova • 15 Desember 2018 09:00
Jakarta: Mengurangi asupan garam tidak hanya penting untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit jantung. Orang sehat yang terus mengonsumsi garam berlebih dapat meningkatkan risiko menderita penyakit kronis.
 
Makanan olahan tak selalu memiliki rasa asin karena mengandung garam yang tinggi. Sodium juga sering digunakan sebagai pengawet dan membantu menyeimbangkan rasa. Roti, sereal, makanan yang dipanggang dan makanan penutup dapat mengandung garam yang tinggi.
 
Makanan yang diproses secara minimal mengandung sedikit garam. Adapun makanan yang rendah sodium atau garam seperti berikut ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Buah dan sayur
Pilih buah atau sayur kalengan tanpa garam dan bilas dengan air dingin sebelum dimakan. Pilih sayur dan buah yang segar atau polos tanpa menambahkan saus atau bumbu untuk mengurangi asupan garam.
 
2. Biji-bijian utuh tanpa garam
Quinoa, millet, beras merah dan gandum adalah pilihan yang tepat. Bumbui dengan herba segar seperti thyme, lada atau rosemary. Anda juga bisa menumisnya dengan bawang, daun bawang atau jamur untuk memperkuat rasa.
 
3. Protein tanpa lemak yang polos
Ayam, daging sapi tanpa lemak, tenderloin dan telur akan mengisi otot-otot Anda. Namun, hindari merendamnya dengan bumbu kemasan atau garam.
 
4. Susu rendah lemak
Susu dan yogurt tanpa rasa adalah pilihan terbaik. Semua keju memiliki kandungan garam yang tinggi. Pilih keju kambing, mozzarella dan Swiss yang mengandung lebih rendah garam.
 
5. Lemak sehat
Lemak sehat dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan juga secara alami rendah garam. Minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan mentah yang tidak diasapi atau diolah dapat dikonsumsi untuk kesehatan.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif