Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Pengaruh Stres bagi Pasien Covid-19

Rona Virus Korona stres virus corona covid-19
Raka Lestari • 06 April 2020 18:41
Jakarta: Stres mungkin adalah salah satu hal yang dirasakan oleh para pasien yang terinfeksi covid-19. Akan tetapi, di tengah pandemi covid-19 ini penting sekali untuk menjaga agar suasana hati tetap senang atau bahagia untuk memperkuat sistem imunitas tubuh.
 
“Dan ini memang secara ilmu sudah diketahui bahwa perasan gembira, perasaan tidak tertekan, perasaan tidak stres itu sangat memengaruhi perbaikan pada status imunitas seseorang,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Kantor Graha BNPB, Senin, 6 April 2020.
 
“Artinya kalau seseorang merasa sedih, orang itu merasa stres, orang itu merasa ketakutan maka imunitasnya akan turun. Nah kalau imunitasnya turun maka penyakitnya akan semakin parah nantinya,” tutur Yuri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain stres, ada juga cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terkena infeksi covid-19 yaitu dengan mengonsumsi vitamin C. Meskipun memang, mengonsumsi vitamin C tidak bisa menyembuhkan pasien yang sudah positif terinfeksi covid-19. Kendati begitu, mengonsumsi vitamin c bisa mencegah agar tubuh tidak tertular covid-19.
 
“Vitamin C adalah kebutuhan kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, tetapi sebetulnya tidak ada anjuran untuk mengonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak untuk mencegah covid-19,” ujar Dr. dr. Budiman Bela, Sp.MK, spesialis mikrobiologi klinik Rumah Sakit Universitas Indonesia.
 
Ia juga menjelaskan selain mengonsumsi vitamin C harus diiringi dengan konsumsi buah dan sayur. 
 
“Mengonsumsi empat sehat lima sempurna, tentunya sudah banyak kita ketahui ya dan bisa dilihat dari mana-mana. Kemudian dengan melakukan olahraga secara teratur, dan jangan stres karena daya tahan tunuh kita bisa dipengaruhi oleh gaya hidup kita,” ujar dr. Budiman
 
Menurut dr, Budiman, seseorang yang terkena covid-19 ini pada dasarnya bisa sembuh sendiri, karena virus merupakan penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya selama memiliki daya tahan atau sistem imun tubuh kuat.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif