Lima Cara Sederhana Mengontrol Hipertensi
Gaya hidup yang serba cepat dan banyaknya tenggat waktu menciptakan stres kronis yang melepaskan hormon stres kortisol. (Foto: Averie Woodard/Unsplash.com)
Jakarta: Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang perlu diwaspadai karena meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis seperti gangguan jantung hingga stroke. 

Namun, bukan berarti penyakit tersebut tak bisa dikontrol atau dihindari. Berikut adalah beberapa tips dari pelatih meditasi Sri Institute for Advanced Research, Divya Kanchibhotla, untuk menghindari munculnya masalah kesehatan yang lebih parah akibat hipertensi. 

1. Latihan pernapasan
Stres kronis merupakan salah satu penyebab utama hipertensi. Gaya hidup yang serba cepat dan banyaknya tenggat waktu menciptakan stres kronis yang melepaskan hormon stres kortisol. Akibatnya, terjadi peningkatan tekanan darah secara tak normal. 


Beberapa studi menunjukkan bahwa bernapas dengan cepat dapat menurunkan tekanan darah. Latihan penapasan telah terbukti mengurangi kortisol dan biomarker lain yang terkait dengan stres, dimana dapat menormalkan tekanan darah kembali. 

(Baca juga: Inilah Diet Terbaik untuk Penderita Hipertensi)

2. Meditasi
Meditasi menenangkan pikiran dan memiliki pengaruh signifikan pada otak dan sistem saraf otonom. Ada banyak uji klinis yang menunjukkan penurunan tekanan darah dengan latihan meditasi. 

American Heart Association mengeluarkan sebuah pernyataan ilmiah pada September 2018 tentang manfaat meditasi pada kesehatan jantung, termasuk tekanan darah. Meditasi dua puluh menit sehari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.


(Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang perlu diwaspadai karena meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis seperti gangguan jantung hingga stroke. Foto: Peter Sjo/Unsplash.com)

3. Mengatur pola makan
Peradangan adalah penyebab lain hipertensi. Sebuah studi oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa orang yang memiliki kecenderungan peradangan 50 persen lebih besar menderita hipertensi dibandingkan mereka yang memiliki kecenderungan peradangan lebih rendah.

Menjaga pola makan adalah salah satu cara untuk mencegah peradangan. Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari adalah gorengan, soda, daging merah, dan makanan yang terlalu manis. 

4. Yoga
Menjaga otot fleksibel dan melenturkan tubuh juga dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Yoga juga dapat memberikan manfaat tersebut karena olahraga tersebut mampu meningkatkan fleksibilitas, mengurangi kekakuan arteri dan meningkatkan sirkulasi darah.

Postur yoga seperti anjing yang menghadap ke bawah, pose jembatan, kepala ke lutut menekuk ke depan, dan membungkuk ke depan juga membantu mengurangi tekanan darah.

5. Tertawa
Sebuah penelitian di Maryland School of Medicine menunjukkan bahwa tertawa membuat jantung sehat karena meningkatkan aliran darah dan memperluas arteri.

Kebiasaan tersebut juga mencegah pengerasan arteri yang merupakan salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi. Beberapa menit tertawa setiap hari dapat menyehatkan jantung.  






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360