Olahraga ringan dapat membantu mengembalikan kekuatan tubuh. (Foto Ilustrasi: Jeremy Goldberg/Unsplash.com)
Olahraga ringan dapat membantu mengembalikan kekuatan tubuh. (Foto Ilustrasi: Jeremy Goldberg/Unsplash.com)

Cara Meredakan Nyeri Punggung usai Operasi Caesar

Rona kesehatan
Anda Nurlaila • 11 Februari 2019 14:46
Jakarta: Persalinan melalui operasi caesar umumnya disarankan dokter jika terkait melihat kondisi bayi atau ibu. Misalnya posisi bayi yang tidak memungkinkan untuk persalinan normal atau kondisi medis tertentu yang membahayakan jika dilakukan persalinan vaginal.
 
Meski operasi caesar aman, banyak ibu yang merasakan nyeri punggung bawah usai operasi.  Rasa sakit ini mungkin akibat kehamilan trisemester akhir atau akibat persalinan. Namun ada beberapa penyebab nyeri punggung usai prosedur caesar seperti dikutip Parenting.
 
Nyeri punggung terjadi saat persalinan caesar disertai pemberian obat bius di tulang belakang ibu melalui suntikan. Daerah sumsum tulang belakang dan bagian sekitarnya sangat sensitif. Ketika anestesi lewat injeksi yang menembus kulit, otot, ligamen, dan saraf tubuh mulai merasa sakit. Biasanya rasa sakit mulai terjadi 3-6 jam setelah anestesi habis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alasan lainnya berasal dari efek setelah penyuntikan anestesi. Cairan serebrospinal bocor dalam jumlah sedikit setelah injeksi. Ini menyebabkan sakit kepala dan rasa sakit yang luar biasa di leher. Terutama ketika ibu duduk atau berdiri.

Baca juga: Benarkah Jantung Anda Berhenti sesaat Ketika Bersin?

Umumnya mulai terasa 12 jam setelah persalinan dan terasa hingga 3-4 hari setelahnya. Namun, rasa sakit itu akan berkurang ketika berbaring. Rasa sakit akibat anestesi tulang belakang akan memudar dalam beberapa hari atau hingga satu minggu.
 
Dalam beberapa kasus, rasa sakit ternyata tak kunjung hilang dalam beberapa minggu bahkan hingga satu bulan. Hal tersebut akibat cedera di saraf daerah tulang belakang karena penetrasi injeksi.
 
Jika sakit yang tak tertahankan, dokter biasanya memasukkan patch darah yang diambil dari bagian tubuh dan disuntikkan ke tempat obat bius diberikan. Rasa sakit akan hilang dengan cepat.
 
Untuk itu ada beberapa cara alami meredakan ketidaknyamanan di punggung usai menjalani operasi caesar, berikut di antaranya:
 
1. Mandi air hangat
Mandi air hangat sangat membantu meredakan sakit punggung dan leher yang terasa kencang atau keram. Tambahan garam pada air mandi juga membantu merelaksasikan tubuh.
 
2. Olahraga ringan
Nyeri diperparah dengan adanya perubahan fisik selama kehamilan dan setelah persalinan. Olahraga ringan dapat membantu mengembalikan kekuatan tubuh. Misalnya, pilates yang sangat dianjurkan karena langsung bekerja pada otot perut.
 
Yoga dan latihan pernapasan ringan juga membantu meningkatkan ketenangan. Namun konsultasikan dulu dengan dokter mengenai olahraga terbaik sesuai kondisi ibu.
 
3. Tidur dengan cara
Penyembuhan nyeri punggung usai persalinan harus didukung terutama saat tidur. Alas tidur yang tepat membantu pemulihan rasa sakit di punggung. Pastikan posisi kasur rata dan tidak terlalu lunak. Kalau perlu, kasur khusus yang berisi busa bahkan udara yang mampu menyesuaikan dengan bentuk tubuh ibu.
 
4. Kompres panas dan dingin
Perawatan nyeri punggung lewat kompres hangat dan dingin membantu merilekskan otot dan meningkatkan sirkulasi di area nyeri.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi