Untuk menjaga kelenjar tiroid tetap sehat, salah satunya adalah dengan cara memerhatikan asupan makanan Anda. (Foto: Pexels.com)
Untuk menjaga kelenjar tiroid tetap sehat, salah satunya adalah dengan cara memerhatikan asupan makanan Anda. (Foto: Pexels.com)

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tiroid

Rona kesehatan tiroid
Raka Lestari • 12 April 2019 11:44
Untuk menjaga kelenjar tiroid tetap sehat, salah satunya adalah dengan cara memerhatikan asupan makanan Anda. Salah satunya adalah yogurt, yang merupakan sumber makanan yang baik untuk kesehatan tiroid Anda. Yogurt tawar, low-fat yogurt, dan Greek yogurt merupakan sumber yodium yang baik dan dapat memenuhi 50 persen kebutuhan harian akan yodium.
 

 
Jakarta:
Tiroid adalah salah satu bagian yang terpenting pada tubuh Anda. Kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang berada di dasar leher ini membantu mengatur metabolisme, suhu, detak jantung, dan banyak lagi.
 
Dan jika kelenjar tiroid mulai rusak, Anda akan dapat merasakannya. Tiroid yang kurang aktif, yaitu ketika kelenjar gagal menghasilkan hormon tiroid (TH) yang cukup dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kelesuan, depresi, dan peningkatan kepekaan terhadap dingin. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan tiroid yang terlalu aktif, terjadi ketika tubuh Anda menghasilkan terlalu banyak TH, dan dapat menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba, detak jantung tidak teratur, berkeringat, gugup, dan mudah marah.
 
Untuk menjaga kelenjar tiroid tetap sehat, salah satunya adalah dengan cara memerhatikan asupan makanan Anda. Dikutip dari Health.com, berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan kelenjar tiroid Anda.

1. Rumput laut

Tiroid membutuhkan yodium agar berfungsi dengan baik dan menghasilkan TH yang cukup untuk kebutuhan Anda. Tidak mendapatkan yodium yang cukup dapat meningkatkan risiko hipotiroidisme atau gondok (kelenjar tiroid yang membesar untuk menebus kekurangan hormon tiroid). 
 
"Banyak jenis rumput laut mengandung yodium, tetapi jumlahnya bisa sangat bervariasi," kata Mira Ilic, RD, ahli diet terdaftar di Cleveland Clinic. 
 
Tetapi karena rumput laut mengandung yodium sangat tinggi, Anda tidak harus mengonsumsinya setiap hari. Terlalu banyak yodium dapat berbahaya bagi tiroid Anda seperti halnya terlalu sedikit dengan memicu (atau memperburuk) hipotiroidisme.
 
Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tiroid
(Untuk menjaga kelenjar tiroid tetap sehat, salah satunya adalah dengan cara memerhatikan asupan makanan Anda. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Tanda-tanda jika Anda Mengalami Kelenjar Tiroid)

2. Yogurt

Selain rumput laut, yogurt juga merupakan sumber makanan yang baik untuk kesehatan tiroid Anda. Secara khusus, produk berbahan dasar susu kaya akan kandungan yodium dan dalam jumlah yang lebih mudah dikelola menurut penelitian pada tahun 2012 di jurnal Nutrition Reviews. 
 
Yogurt tawar, low-fat yogurt, dan Greek yogurt merupakan sumber yodium yang baik karena dapat memenuhi nyaris 50 persen kebutuhan harian akan yodium.

3. Ayam dan daging sapi

Zinc juga merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tiroid Anda. Daging adalah sumber yang baik untuk memenuhi kebutuhan Anda akan Zinc. 
 
Satu porsi atau sekitar 3 ons daging sapi panggang mengandung 7 miligram zinc, patty daging sapi atau sekitar 3 ons mengandung 3 miligram, dan satu porsi 3 ons daging ayam mengandung 2,4 miligram.

4. Ikan

Karena yodium ditemukan di tanah dan air laut, ikan adalah sumber nutrisi yang baik. Bukti paling meyakinkan yang kami miliki (untuk masalah tiroid) adalah tidak adanya nutrisi yang cukup," kata Salvatore Caruana, MD, direktur divisi operasi kepala dan leher di departemen otolaringologi-kepala dan leher di ColumbiaDoctors.
 
Satu porsi atau sekitar 3 ons ikan cod panggang mengandung sekitar 99 mikrogram yodium, sekitar 66 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

5. Lobster

"Secara umum, makanan laut seperti lobster dan udang adalah sumber yang baik untuk yodium," menurut Ilic. Tiga ons udang atau sekitar 4-5 potong dapat memenuhi lebih dari 20 persen kebutuhan harian Anda akan yodium. 
 
Tiga ons kepiting dan lobster Alaska masing-masing mengandung 6,5 dan 3,4 miligram seng. Selain lobster dan udang, kerang juga bisa menjadi sumber zinc yang baik.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif