Jika leher Anda menjadi sangat bengkak, itu mungkin disebabkan oleh kelenjar tiroid. (Foto Ilustrasi: Esther Sweeney/Unsplash.com)
Jika leher Anda menjadi sangat bengkak, itu mungkin disebabkan oleh kelenjar tiroid. (Foto Ilustrasi: Esther Sweeney/Unsplash.com)

Tanda-tanda jika Anda Mengalami Kelenjar Tiroid

Rona kesehatan
Raka Lestari • 27 Februari 2019 17:03
Tiroid adalah kelenjar yang ada pada bagian depan leher. Biasanya kelenjar ini mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lainnya.
 
Jakarta: Anda mungkin sangat sadar bahwa tubuh Anda bekerja seperti sebuah mesin. Jika satu bagian bermasalah, maka akan memengaruhi keseluruhan mesin tersebut.
 
Salah satu contohnya adalah kelenjar tiroid. Kelenjar kecil di leher ini yang mengontrol metabolisme dan mengatur fungsi tubuh Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkadang mungkin Anda tidak menyadari cara kerja kelenjar tiroid Anda, namun jika kelenjar tiroid Anda bermasalah maka itu akan berdampak pada bagian tubuh lainnya.
 
Dilansir dari Women's Health, berikut ini adalah dampak yang terjadi jika kelenjar tiroid Anda mengalami masalah:

1. Rambut akan menjadi tipis

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), salah satu dampak yang terjadi jika Anda mengalami kelenjar tiroid adalah, rambut akan menipis. Selain itu alis pun ikut menipis. Tepatnya di sepanjang tepi luar. Kondisi itu disebut hipotiroidisme.

2. Mata Anda terasa kering dan bengkak

gejala hipertiroidisme dan hipotiroidisme atau timbulnya kelenjar tiroid adalah mata menjadi kering dan teriritasi. Selain itu mata yang membengkak dan menonjol dapat menjadi tanda Graves' disease, kelainan autoimun yang menyebabkan hipertiroidisme.

3. Otot Anda terasa lemas

Baik hipotiroidisme dan hipertiroidisme dapat menyebabkan otot terasa pegal, lemah, atau kaku. Tetapi, karena gejala tiroid sering berkembang lambat, banyak orang tidak segera merasakan nyeri atau kelemahan otot. Biasanya dianggap sebagai faktor penuaan, dan mengabaikannya sebagai rasa sakit. Periksalah segera ke dokter jika Anda merasa ada yang tidak nyaman.

4. Selalu merasa murung atau sedih

Hipotiroidisme dapat dikaitkan dengan kesulitan berkonsentrasi atau depresi, sedangkan hipertiroidisme dapat menyebabkan kecemasan. Kedua gangguan itu dapat membuat Anda merasa tidak terkendali secara mental dan emosional. Jadi penting untuk mencari perawatan kesehatan mental, bersamaan dengan perawatan medis.

5. Pembengkakan pada leher

Jika leher Anda menjadi sangat bengkak, itu mungkin disebabkan oleh kelenjar tiroid, yang pada dasarnya adalah istilah untuk kelenjar tiroid yang menjadi besar secara tidak normal. American Thyroid Association menyarankan untuk segera periksa ke dokter jika Anda mengalami pembengkakan yang tidak wajar di leher.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif