Vitamin A adalah salah satu vitamin yang baik dikonsumsi oleh wanita. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)
Vitamin A adalah salah satu vitamin yang baik dikonsumsi oleh wanita. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)

Beberapa Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Wanita

Rona vitamin
Raka Lestari • 16 April 2019 13:49
Vitamin yang dikonsumsi wanita sangat berbeda dengan pria. Untuk itu perlu diperhatikan vitamin apa saja yang perlu dikonsumsi oleh kaum hawa.
 

Jakarta: Tentu sudah menjadi hal yang umum bahwa tubuh membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga agar tetap sehat dan kuat. Dan, sebagian besar dari Anda juga mungkin sudah mengetahui bahwa para ahli setuju kalau makanan utuh atau whole foods merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi penting.
 
Namun terkadang sulit mengetahui apakah tubuh sudah mendapatkan asupan cukup akan vitamin dan nutrisi atau belum. Dikutip dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa vitamin yang terbaik untuk wanita, mengingat kebutuhan nutrisi antara pria dan wanita punya perbedaan:

-Zat besi

Kehilangan darah selama menstruasi juga dapat menghabiskan cadangan zat besi di tubuh Anda. Sangat penting bagi wanita untuk mengonsumsi yang sedang menstruasi mengonsumsi makanan kaya zat besi atau mengonsumsi suplemen zat besi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anda bisa menemukan makanan kaya akan zat besi di sayuran berdaun hijau, daging tanpa lemak, ayam, kalkun, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian," ujar Carol Haggans, RD, konsultan untuk National Institutes of Health (NIH).

-Kalsium

Kalsium adalah salah satu vitamin terbaik buat wanita. Sebab tubuh Anda membutuhkannya demi kesehatan tulang yang optimal.
 
"Wanita mulai kehilangan kepadatan tulang di usia dua puluhan. Kalsium adalah satu-satunya pertahanan terbaik, dan Anda harus mulai mendapatkan banyak sekarang. Susu, keju, yogurt, dan brokoli atau kale merupakan makanan yang mengandung banyak kalsium," kata Mary Ellen Camire, PhD, seorang profesor nutrisi di University of Maine di Orono.

-Magnesium

Magnesium diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Dan kekurangan asupan magnesium bisa menyebabkan muntah kronis atau berlebihan, diare, dan migrain.
 
Magnesium mempertahankan fungsi otot dan saraf yang normal, menjaga ritme jantung tetap stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, menjaga tulang tetap kuat, membantu mengatur kadar gula darah, dan meningkatkan tekanan darah normal. Anda bisa menemukan magnesium terdapat pada sayuran hijau seperti okra, beberapa kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca juga: Lima Fakta Kehamilan di Usia 35 Tahun ke Atas

-Vitamin A

Vitamin A juga merupakan salah satu vitamin yang terbaik untuk wanita. Sebab vitamin ini memainkan peran penting dalam mendukung fungsi penglihatan. Ubi, wortel, tomat, buah-buahan, hati, ikan dan susu kaya akan vitamin A.
 
"Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin A dapat mencegah beberapa jenis kanker dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh," ujar Keri Glassman, RD, seorang pakar nutrisi.

-Folat

Folat sangat penting untuk mencegah anemia karena menghasilkan sel darah baru di tubuh Anda. Tidak mendapatkan asupan folat yang cukup dapat menyebabkan masalah serius, seperti peningkatan risiko kanker serviks, usus besar, otak, dan paru-paru. Anda bisa mendapatkan folat pada alpukat, kacang-kacangan, telur, dan kacang tanah.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif