Beberapa fakta mengenai kehamilan di usia 30-an seperti berikut ini. (Foto: Pexels.com)
Beberapa fakta mengenai kehamilan di usia 30-an seperti berikut ini. (Foto: Pexels.com)

Lima Fakta Kehamilan di Usia 35 Tahun ke Atas

Rona kehamilan
Anda Nurlaila • 16 April 2019 12:53
Kesuburan mulai menurun saat memasuki usia 30-an, tetapi perempuan masih bisa hamil. Usia 30-an adalah saat di mana siklus hidup memasuki tahap stabil, dan mapan dalam hal karier. Penghasilan yang memadai membuat calon orang tua juga lebih percaya diri untuk memiliki anggota baru dalam keluarga.
 

 
Jakarta:
Mengandung bayi di atas usia 35 tahun dianggap sebagai kehamilan usia lanjut. Tetapi kecenderungan di dunia modern, usia ibu semakin dewasa saat memutuskan memiliki buah hati. Alasannya bervariasi, dari kesiapan mental, kemapanan karier maupun stabil secara finansial.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi selalu ada cara menjaga kesehatan janin maupun ibu memutuskan untuk hamil di usia berapa pun. Beberapa fakta mengenai kehamilan di usia 30-an seperti dikutip dari Mother and Baby antara lain:

1. Kesuburan

Kesuburan mulai menurun saat memasuki usia 30-an, tetapi perempuan masih bisa hamil. Faktanya, saat berusia 30-an, perubahan hormon wanita dapat berarti tubuh melepaskan beberapa telur setiap siklus. Dan ini meningkatkan peluang untuk memiliki anak kembar.
 
(Baca juga: Usia Jadi Masalah Terbesar Kesuburan Seorang Wanita)

2. Kesehatan

Sebagian orang berpikir bahwa wanita yang melahirkan di usia 30-an lebih cenderung memiliki gaya hidup yang mapan dan sehat. Keputusan memiliki bayi di usia 30-an mendorong wanita menjalani gaya hidup sehat untuk memastikan bayi juga sehat.
 
Lima Fakta Kehamilan di Usia 35 Tahun ke Atas
(Usia 30-an adalah saat di mana siklus hidup memasuki tahap stabil, dan mapan dalam hal karier. Penghasilan yang memadai membuat calon orang tua juga lebih percaya diri untuk memiliki anggota baru dalam keluarga. Foto: Pexels.com)

3. Karier yang stabil

Usia 30-an adalah saat di mana siklus hidup memasuki tahap stabil, dan mapan dalam hal karier. Penghasilan yang memadai membuat calon orang tua juga lebih percaya diri untuk memiliki anggota baru dalam keluarga.

4. Persalinan lebih lama

Berusaha memiliki bayi saat usia 30-an juga dapat berarti wanita dapat mengalami persalinan yang lebih lama. Ibu yang pertama kali melahirkan saat berusia 30-an cenderung memiliki otot-otot yang lebih lemah karena belum pernah digunakan.

5. Cara mempersiapkan

 Luangkan waktu untuk bersantai. Perempuan berusia 30-an sering bekerja hingga usia kehamilan 37 minggu. Sehingga ibu akan lebih mudah kelelahan selama dan setelah melahirkan.
 
Cuti beberapa hari sebelum tanggal perkiraan lahir untuk istirahat, liburan babymoon dan mengikuti kelas yoga dapat mengembalikan energi dan kekuatan ibu. Anda juga bisa memeriksa kehamilan dengan dokter psesialis kandungan di beberapa rumah sakit, seperti Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Cendana, Siloam Hospitals Kebon Jeruk.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif