Enam Vitamin Penting untuk Meningkatkan Kesempatan Hamil

Sri Yanti Nainggolan 26 Oktober 2018 09:00 WIB
kesehatankehamilan
Enam Vitamin Penting untuk Meningkatkan Kesempatan Hamil
Berikut adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan ketika sedang berusaha memiliki momongan dengan cara alami. (Foto: Mickael Tournier/Unsplash.com)
Jakarta: Kehamilan terjadi ketika tubuh dalam keadaan subur. Di satu sisi, faktor ekternal seperti asupan makanan dapat membantu menunjang kesuburan tubuh yang dapat meningkatkan kesempatan hamil. 

Berikut adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan ketika sedang berusaha memiliki momongan dengan cara alami. 

1. Seng
Seng berkontribuasi dalam tahap ovulasi dan kesuburan. Produksi semen dan testosteron semakin maksimal jika kebutuhan seng terpenuhi. National Institutes of Health merekomendasikan konsumsi seng harian sebanyak 11 mg pada pria dan 8 mg pada wanita. 


Beberapa makanan yang tinggi vitamin ini adalah tiram, biji-bijian, kepiting dan lobster, kacang-kacangan dan produk susu.

2. Asam folat
American Pregnancy Association merekomendasikan wanita usia subur mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap hari. Asam folat adalah vitamin B kompleks yang digunakan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah. 

Vitamin ini membuat darah ekstra untuk tubuh selama kehamilan dan mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf (masalah pada sumsum tulang belakang bayi). Kandungan sama folat banyak terdapat dalam buah jeruk, biji-bijian dan sayuran hijau.

(Baca juga: Makanan yang Tak Baik Dikonsumsi Bumil saat Mengidam)


(American Pregnancy Association merekomendasikan wanita usia subur mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap hari. Foto: Johny Looy/Unsplash.com)

3. Asam lemak omega-3
Vitamin ini penting bagi Anda yang sedang menjalani proses In vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung. Nutrisi ini dapat ditemukan dalam minyak ikan atau minyak tumbuhan atau kacang tertentu. 

4. Besi
Asupan zat besi yang direkomendasikan untuk wanita normal  adalah 18 mg sehari, sementara wanita hamil membutuhkan sekitar 27 mg sehari. Besi digunakan untuk membuat hemoglobin, komponen pembawa oksigen dari sel darah merah. 

Umumnya, sudah banyak multivitamin dengan kandungan besi di dalamnya, tetapi Anda bisa mendapatkan vitamin ini pada makanan seperti daging merah, tahu dan sayuran hijau berdaun gelap.

5. Kalsium
Pakar nutrisi merekomendasikan wanita yang ingin hamil untuk mengonsumsi sekitar 1.000 mg kalsium sehari karena ketika hamil kelak, bayi yang sedang tumbuh akan membutuhkan kalsium. 

Di satu sisi, kandungan ini penting untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.Susu dan makan sayuran hijau adalah sumber kalsium yang cukup sering disarankan.

6. Vitamin B6
Minumlah vitamin ini untuk menghindari gejala kehamilan yang buruk setelah ketika hamil. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya 10 mg vitamin B6 sebelum hamil dilaporkan mengalami gejala mual di pagi hari yang lebih jarang daripada mereka yang tidak.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id