NEWSTICKER
Pasar, restoran, sekolah, dan berbagai tempat publik lainnya banyak yang ditutup untuk mencegah penyebaran covid-19. (Ilustrasi/Pexels)
Pasar, restoran, sekolah, dan berbagai tempat publik lainnya banyak yang ditutup untuk mencegah penyebaran covid-19. (Ilustrasi/Pexels)

Amankah Pergi ke Salon di Tengah Pandemi Covid-19?

Rona Virus Korona salon kecantikan virus corona covid-19
Raka Lestari • 24 Maret 2020 09:04
Jakarta: Pasar, restoran, sekolah, dan berbagai tempat publik lainnya banyak yang ditutup untuk mencegah penyebaran covid-19. Salah satu yang mungkin juga ikut tutup adalah salon yang juga biasanya dikunjungi banyak orang. Akan tetapi, apakah mengunjungi salon di tengah pandemic covid-19 ini perlu dihindari juga?
 
Dr Richard Firshein, D.O., Pakar Terkemuka dalam Pengobatan Integratif dan founder Firshein Center menjelaskan, secara umum, setiap individu harus mematuhi anjuran untuk tidak saling berdekatan dengan orang lain setidaknya enam kaki. Dia juga mengatakan sebaiknya tidak boleh ada lebih dari 10 orang pada setiap pertemuan.
 
Penata rambut yang ada di salon biasanya harus melakukan kontak dekat dengan klien mereka, selain itu biasanya ada banyak orang yang keluar masuk dari salon. Dengan kontak dekat dan banyaknya orang yang keluar masuk salon, bisa menjadi salah satu cara untuk penularan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan tidak bepergian ke salon di tengah pandemic covid-19 ini, menurut Dr Firshein ada dua manfaat yang bisa didapatkan. “Pertama adalah mengurangi kontak antar individu sehingga bisa meratakan kurva penyebaran. Dan yang kedua bisa mengurangi jumlah orang yang terinfeksi,” kata Dr Richard Firshein seperti dilansir Bustle.
 
Penata rambut Olivia Casanova juga menambahkan bahwa melakukan social distancing sangat diperlukan. “Salon sebaiknya tutup pada saat sekarang,” ujarnya.
 
“Dengan berdiam di rumah, Anda bisa melindungi diri sendiri, penata rambutmu, dan siapapun yang mungkin melakukan kontak dengan Anda,” imbuhnya.
 
“Aspek sanitasi ketika mengunjungi salon merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan,” ujar Robin Groover, seorang hair stylist dari Afrika. “Bagi mereka yang tetap ingin membuka salon atau tetap mengunjungi salon, perlu melakukan metode sanitasi yang cukup ketat,” paparnya.
 
Ia juga menyarankan agar salon-salon yang masih beroperasi untuk hanya melayani satu pelanggan pada satu waktu dan sering membersihkan peralatan yang digunakan dan permukaan benda-benda di salon.
 
“Tindakan keselamatan profesional ini melindungi hair stylist dan klien dan mungkin dapat mengubah sistem operasional namun hal ini sangat diperlukan untuk memberikan kenyamanan bagi siapapun,” tutupnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif