Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Tips Antisipasi Hipertensi

Rona hipertensi
Sunnaholomi Halakrispen • 11 Maret 2020 18:11
Jakarta: Siapapun tidak bisa menghindari penyakit, meski sudah merasa yakin menjalani pola hidup yang tepat. Namun, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan sebagai tips antisipasi hipertensi.
 
"Health lifestyle, gampang omong tapi susah dikerjain kan," ujar dr. Ario Soeryo Kuncoro, Sp.JP(K), di Kantor Sekretariat InaSH, Bendungan Hilir, Jakarta Selatan.
 
Pola hidup sehat menjadi acuan dalam memperkuat daya tahan. Hal ini untuk menghadapi virus dan atau bakteri yang menyebabkan beragam penyakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penekanannya, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, menjalankan olahraga dengan rutin, dan menerapkan istirahat yang cukup. Selain itu, jika merokok, serta memiliki masalah metabolik, diabetes, hiperkolesterol, dan darah tinggi, diimbau untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan.
 
"Semua orang bisa terkena hipertensi. Bahkan kematian mendadak, terutama pada mereka yang memiliki risiko hipertensi atau masalah lain seperti kolesterol tinggi, diabetes itu problemnya ke pembuluh darah," tuturnya.
 
Sementara serangan jantung bisa terjadi saat seseorang terlihat sedang dalam kondisi tenang. Penyebab kematian mendadak sendiri sekitar 10 persen karena jantung.
 
"Bisa di breakdown penyakit jantung mana yang sebabkan kematian penyakit jantung. Sebanyak 60 persen terkait pembuluh darah, penyempitan, kelainan di otot jantung, atau kelainan irama jantung, masing-masing bisa berhubungan atau berdiri sendiri," paparnya.
 
Ia menjelaskan bahwa memang jenisnya ada banyak. Meskipun hasilnya karena meninggal mendadak, akan tetapi penyebabnya berbeda-beda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif