Kapan si kecil mulai merangkak? Simak lebih lanjut informasi di bawah ini. (Foto: Rohit Farmer/Unsplash.com)
Kapan si kecil mulai merangkak? Simak lebih lanjut informasi di bawah ini. (Foto: Rohit Farmer/Unsplash.com)

Kapan Si Kecil Mulai Merangkak?

Rona perkembangan anak
17 Desember 2018 14:23
Jakarta: Merangkak adalah salah satu tahapan perkembangan pertama si kecil. Ini merupakan salah satu tonggak perkembangan sebelum beranjak untuk berjalan serta bertumpu dengan kedua kakinya yang mungil. 

Si kecil akan mencari tahu cara bergerak maju dan mundur dengan lututnya. Pada saat yang bersamaan, bayi Anda akan memperkuat otot-otot yang akan segera membuatnya berjalan.

Awalnya untuk si kecil bisa merangkak biasanya diawali tengkurap dan dibantu dengan topangan kedua tangan. Hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan oleh si kecil sehingga Anda perlu menstimulasinya untuk merangkak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Kapan si kecil mulai merangkak? Banyak sekali pertanyaan seperti ini. Sebagian besar bayi belajar merangkak di antara usia 7 bulan dan 10 bulan.  (Baca juga: Ini Tonggak Perkembangan Anak Usia 25-36 Bulan)


(Merangkak adalah salah satu tahapan perkembangan pertama si kecil. Ini merupakan salah satu tonggak perkembangan sebelum beranjak untuk berjalan serta bertumpu dengan kedua kakinya yang mungil. Foto: Brytny.com/Unsplash.com)

Pada usia ini, si kecil akan melakukan pergerakan merangkak meskipun gerakannya menyeret bawah (menggunakan pantat, tangan di belakang, dan kaki di depan) dan berguling, melansir dari BabyCenter.

Dengan si kecil merangkak, membuat anggota tubuhnya menjadi lebih terlatih. 

Tangan sendi dan otot yang besar maupun kecil supaya lebih seimbang, juga dapat membantu dalam perkembangan dan pemahaman bahasa serta kepekaan terhadap sentuhan dan visualnya. 

Ketika si kecil sedang merangkak Anda pun perlu memerhatikannya. Perlu diingat juga, jauhkan dari benda-benda yang berbahaya. 

Jika bayi Anda berhasil merangkak maka perhatikanlah kemampuan merangkaknya, apalagi si kecil mengesotnya tidak bisa mengangkat perut karena otot-ototnya masih dalam keadaan lemah.


Maria Fransiska




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi