Anda bisa meningkatkan produksi ASI dengan beberapa makanan di bawah ini. (Foto: Dave Clubb/Unsplash.com)
Anda bisa meningkatkan produksi ASI dengan beberapa makanan di bawah ini. (Foto: Dave Clubb/Unsplash.com)

Enam Langkah Alami Meningkatkan Produksi ASI

Rona air susu ibu
Pelangi Karismakristi • 08 Januari 2019 16:56
Jakarta: Para ibu yang baru melahirkan, hal penting yang harus dilakukan adalah menyusui. Sebab ASI adalah satu-satunya sumber makanan dan nutrisi yang baik bagi bayi.
 
Namun tak dipungkiri, banyak ibu yang khawatir soal produksi ASI mereka. Anda bisa meningkatkan produksi ASI dengan beberapa makanan di bawah ini:
 
1. Oatmeal
Oatmeal memiliki sifat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah yang sehat. Mengonsumsi oatmeal akan membantu tubuh lebih rileks, sehingga membantu tubuh melepaskan hormon oksitosin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Cara Meningkatkan Produksi ASI yang Mulai Berkurang)
 
2. Bayam
Sayuran ini mengandung vitamin K,A dan folat yang sangat baik bagi ibu hamil dan menyusui. Selain itu, kadar fitoesterogen dalam bayam membantu meningkatkan sistem jaringan payudara dan menginduksi laktasi.
 

(Selan bayam, Anda juga bisa mengonsumsi wortel untuk meningkatkan produksi ASI. Foto: Peter/Unsplash.com)
 
3. Wortel
Sama seperti bayam, wortel juga mengandung fitoesterogen yang sangat penting untuk ibu menyusui (busui). Wortel juga kaya akan beta karoten dan vitamin A yang penting untuk meningkatkan energi busui.
 
4. Pepaya
Enzim dan phytochemical yang ada dalam pepaya diyakini dapat meningkatkan jaringan payudara dan laktasi. Tak hanya itu, pepaya juga membantu para busui untuk lebih rileks.
 
5. Ikan salmon
Salmon kaya akan asam lemak esensial dan asam lemak omega-3. Hal ini akan menstimulasi produksi ASI dan membantu meningkatkan kualitas dan gizinya, sehingga membuat bayi lebih gemuk.
 
6. Air putih
Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Ini adalah cara terbaik meningkatkan produksi ASI, sebab usai menyusui, cairan tubuh akan berkurang. Sehingga pastikanlah sebelum dan sesudah menyusui, Anda minum air putih.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi