Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar berisiko membuatnya mata sakit dan kering. (Ilustrasi/Pexels).
Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar berisiko membuatnya mata sakit dan kering. (Ilustrasi/Pexels).

Tips Jaga Kesehatan saat Movie Marathon

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 20 November 2019 07:05
Jakarta: Gemar menonton film yang berlebihan bisa menjadikan Anda gila terlebih saat movie marathon, contohnya menonton serial atau Drama Korea. Rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton film, bahkan mengabaikan aktivitas lain.
 
Berikut beberapa tips untuk melindungi kesehatan Anda saat kecanduan menonton film dalam waktu yang lama, seperti dilansir WebMD.
 
1. Mulai dengan keripik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda cenderung makan lebih banyak saat movie marathon, sehingga lemak dan kalori mulai bertambah. Solusinya, bawa satu porsi makanan agar membantu Anda makan lebih sedikit.
 
Lebih baik lagi, cukup makan popcorn karena memiliki lebih sedikit kalori dan gandum. Juga sarat dengan serat. Membuat pop sendiri sehingga dapat menjaga ukuran porsi sesuai. Ini juga dapat membantu menjaga lemak dan konsumsi garam berlebih.
 
2. Bergerak sedikit
 
Membiasakan duduk selama itu dapat meningkatkan peluang Anda mengalami sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Juga dapat meningkatkan peluang Anda mendapatkan gumpalan darah di kaki yang selanjutnya bisa masuk ke paru-paru dan menghalangi aliran darah.
 
Hal itu disebut emboli paru dan ini kondisi serius. Maka sebaiknya, minumlah banyak air, kenakan pakaian yang longgar, dan lakukan gerakan kecil seperti berjalan-jalan setiap jam untuk membantu menghindari beragam penyakit tersebut.
 
3. Jauhi menonton sepanjang malam
 
Anda tertarik menikmati film hingga rela menontonnya sepanjang malam. Meskipun minum banyak air mineral, makan sejumlah camilan pengganjal rasa lapar, dan berjalan di sekitar rumah setiap jam, tetaplah perhatikan waktu.
 
Ketika jam menunjukkan pukul 04:30 pagi, sedangkan Anda harus berangkat kerja dalam 3 jam setelahnya. Anda belum tidur dan ingatlah bahwa kurang tidur dapat menyebabkan rasa kantuk, lemas, kurang konsentrasi, hingga depresi dan penyakit jantung.
 
Setidaknya, Anda butuh 7-9 jam semalam untuk tidur. Oleh karena itu, jika Anda tetap ingin menikmati serial film, pastikan jam tidur Anda tidak terganggu.
 
4. Lindungi mata
 
Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar berisiko membuatnya mata sakit dan kering, bahkan memberi efek penglihatan buram. Gunakan aturan 20-20-20 dengan melihat ke samping setiap 20 menit selama 20 detik dengan jarak setidaknya 20 kaki atau 6 meter.
 
Layar monitor setidaknya harus berjarak setengah meter dari posisi Anda. Terakhir, jangan lupa berkedip. Cara ini mampu membantu menjaga mata Anda tetap lembap dan sehat.
 
5. Jaga ketegangan
 
Cahaya monitor yang terlalu terang pun tak baik. Sebab, semua cahaya dari TV atau perangkat pintar bisa membuat mata sensitif dan membuat Anda pusing. Redupkan kecerahannya untuk melindungi ketegangan mata.
 
Kemudian, posisikan bagian tengah monitor sekitar 12 sentimeter di bawah ketinggian mata. Cara ini akan membantu melindungi Anda dari ketegangan leher.
 
Selain itu, ketika duduk untuk waktu yang lama, Anda membuat banyak tekanan pada otot punggung, leher, dan tulang belakang. Duduklah lurus di kursi yang menopang punggung Anda, bahkan bisa berdiri dan menonton sebentar. Stretching sejenak juga membantu ketegangan otot tubuh.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif