Tiga Penyakit yang Menyebabkan Berat Badan Bertambah

Sri Yanti Nainggolan 14 September 2018 13:24 WIB
kesehatanpsikologi
Tiga Penyakit yang Menyebabkan Berat Badan Bertambah
Banyak orang yang gagal mempertahankan berat badan normal karena rentan terhadap gangguan harian, bulanan, atau musiman dalam suasana hati yang tak menentu. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
Jakarta: Kenaikan berat badan tak selalu berarti terlalu banyak lemak di tubuh. Bisa jadi, itu adalah pertanda Anda mengalami suatu penyakit atau gangguan kesehatan, baik fisik maupun mental. 

Berikut adalah tiga gangguan yang umumnya ditandai dengan pertambahan berat badan. 

1. Hipotiroidisme
Ketika Anda mengalami kenaikan berat badan namun selalu kelelahan, coba periksakan tiroid Anda. Menurut American Thyroid Association, 1 dari 8 wanita menderita tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher yang berfungsi mengeluarkan hormon yang mengatur metabolisme.


Wanita yang menderita hypothyroidism cenderung memiliki tingkat energi rendah atau kelelahan, rambut rontok, kulit kering, dan sembelit. Namun, penambahan berat badan adalah indikator pertama.

(Baca juga: Berat Badan Lebih Mudah Naik Daripada Turun Ketika Diet? Ini Penyebabnya)


(Ketika depresi menyerang, perawatan diri menjadi terganggu dan cenderung memiliki masalah makan berlebihan dan insomnia. Foto: Eric Ward/Unsplash.com)

2. Dehidrasi
Ketika seseorang tidak minum cukup air tetapi kembung atau bertambah berat badan, kemungkinan ia terkena dehidrasi. Jika terus dibiarkan, maka tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. 

3. Depresi
Menurut penelitian di JAMA Psychiatry, kenaikan berat badan yang tidak masuk akal bisa menjadi indikator depresi. Ketika depresi menyerang, perawatan diri menjadi terganggu dan cenderung memiliki masalah makan berlebihan dan insomnia.

"Ketidakmampuan untuk mengontrol asupan makanan dan untuk terlibat dalam olahraga yang konsisten dapat menyebabkan episode berulang dari penambahan berat badan," demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders.

Banyak orang yang gagal mempertahankan berat badan normal karena rentan terhadap gangguan harian, bulanan, atau musiman dalam suasana hati yang menyebabkan asupan makanan kaya karbohidrat dan resistensi berlebihan untuk terlibat dalam aktivitas fisik.






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id