Dokter gigi merupakan salah satu layanan yang cukup banyak terkena dampak akibat covid-19. (Ilustrasi/Pexels)
Dokter gigi merupakan salah satu layanan yang cukup banyak terkena dampak akibat covid-19. (Ilustrasi/Pexels)

Amankah Mengunjungi Dokter Gigi di Tengah Pandemi?

Rona Virus Korona gigi virus corona covid-19
Raka Lestari • 16 Mei 2020 18:03
Jakarta: Dokter gigi merupakan salah satu layanan yang cukup banyak terkena dampak akibat covid-19. Aerosol yang ditimbulkan ketika sedang melakukan kontrol gigi ini dikhawatirkan bisa menyebarkan covid-19.
 
Untuk itu, pasien yang mengalami gangguan pada gigi mereka hanya diperbolehkan ke dokter gigi jika memang dalam keadaan yang darurat saja.
 
“Selama dokter gigi dan asistennya menggunakan masker dan dalam keadaan sehat, sebenarnya prosedur kontrol gigi seharusnya aman,” ujar Joseph Vinetz, MD, seorang dokter dan profesor penyakit menular di Yale School of Medicine.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal yang dipertimbangkan dalam situasi pandemi seperti sekarang ini adalah kesehatan dan keselamatan doker gigi yang sebenarnya juah lebih berisiko tertular covid-19 daripada pasien itu sendiri, menurut Bill Dorfman, DDS, seorang dokter gigi yang berbasis di Los Angeles, dikutip dari Health
 
“Risiko pasien untuk terinfeksi dari dokter giginya sangat kecil, jika dibandingkan pasien yang menginfeksi dokter gigi,” kata Dr Dorfman. “Ketika dokter gigi harus berhubungan dengan mulut seseorang, maka bisa sangat berisiko,” tuturnya.
 
Dan jika harus membuka layanan selama covid-19, layanan dokter gigi haruslah mengikuti beberapa anjuran yang disarankan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yaitu mulai dari mempraktikkan social distancing, penggunaan alat pelindung diri (APD) dan pembersihan rutin pada permukaan-permukaan di tempat dokter gigi tersebut seperti ruang tunggu, gagang pintu, dan pulpen.
 
Untuk itu, jika Anda memang mengalami kondisi gigi yang darurat seperti pembengkakan, pendarahan, sakit, trauma karena kecelakaan, atau jika Anda memiliki kondisi penyerta seperti efek kemoterapi, diabetes, dan lainnya maka penting untuk melakukan pengecekan ke dokter gigi sebisa mungkin. Dan yang terpenting adalah petugas harus melakukan prosedur keselamatan.
 
Jika Anda memerlukan pembersihan gigi, tetapi dokter gigi di sekitar Anda masih tutup kecuali untuk kasus darurat karena pandemi sebaiknya tetap tunggu sampai mereka buka. Dan sambil menunggu mereka membuka kembali layanan, usahakan untuk tetap melakukan praktik kebersihan gigi dan mulut seperti membersihkan gigi dan menyikat gigi.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif