Jangan biarkan kesepian tersebut berlarut-larut dan memengaruhi kesehatan Anda. (Foto Ilustrasi: Keegan Houser/Unsplash.com)
Jangan biarkan kesepian tersebut berlarut-larut dan memengaruhi kesehatan Anda. (Foto Ilustrasi: Keegan Houser/Unsplash.com)

Studi: Kesepian Perpendek Umur

Rona studi kesehatan
Kumara Anggita • 21 Maret 2019 11:32
Kesepian bisa menjadi penyakit. Sebab bisa memicu respons dari pertahanan daya tubuh yang dapat memengaruhi produksi sel darah putih.
 

Jakarta: Rasa kesepian pasti pernah dialami oleh semua orang. Sebagian mencari cara untuk keluar dari situasi ini, sebagian lainnya memilih untuk membiarkannya, sambil berharap kesepian itu hilang dengan kegiatan sehari-hari.
 
Walaupun tidak memberikan dampak destruktif secara langsung, toh kesepian dapat membuat umur menjadi Pendek. Melansir dari WebMd, hal tersebut terkait dengan daya tahan tubuh. Berikut penjelasannya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini waktunya untuk tidak menganggap remeh rasa kesepian. Perasaan ini dapat memicu perubahan sel di tubuh yang mendorong penyakit-penyakit bermunculan.
 
Menurut studi baru, penyakit tersebut alhasil membuat seseorang tidak bisa hidup selama mungkin. Ini disayangkan, mengingat umur adalah hal yang tak ternilai.
 
Para peneliti dari University of Chicago dan University of California menemukan bahwa kesepian dapat memicu respons dari pertahanan daya tubuh yang dapat memengaruhi produksi sel darah putih. Keadaan ini akhirnya dapat merusak sistem kekebalan tubuh yang membuat orang-orang mudah jatuh sakit.

Baca juga: Tips bagi Anda yang Mengalami Osteoporosis

Para peneliti mengatakan, pada dasarnya orang yang merasa kesepian memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan tingkat peradangan yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak merasa kesepian. Kesehatan mereka juga menjadi lebih rentan karena merasa terancam.
 
Dari penelitian ini ditemukan bahwa Risiko ini kebanyakan terjadi pada orang tua. Mengingat di hari tua, kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu di rumah dan jarang bertemu dengan orang-orang terdekatnya.
 
Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa efek kesepian ini dapat menyerang anak-anak muda. Oleh karena itu, bila Anda merasa kesepian, Anda perlu untuk mencari kegiatan yang membuat Anda tidak merasa sendiri. Jangan biarkan kesepian tersebut berlarut-larut dan memengaruhi kesehatan Anda.
 
Hal yang serupa juga perlu diterapkan pada orang-orang di sekitar Anda. Ini waktunya untuk banyak mengunjungi atau menghabiskan waktu dengan orang tua tercinta. Hal-hal kecil dapat begitu berpengaruh pada kebahagiaan seseorang.
 
Jangan beri kesempatan pada kesepian utnuk membuat umur Anda atau orang yang Anda cintai menjadi pendek.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif