Dr Allen Anandarajah, seorang rheumatologist mengatakan yang terbaik untuk mendapatkan kalsium secara alami melalui diet Anda. Misalnya dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, contohnya yogurt. (Foto: Pexels.com)
Dr Allen Anandarajah, seorang rheumatologist mengatakan yang terbaik untuk mendapatkan kalsium secara alami melalui diet Anda. Misalnya dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, contohnya yogurt. (Foto: Pexels.com)

Tips bagi Anda yang Mengalami Osteoporosis

Rona osteoporosis
Raka Lestari • 21 Maret 2019 09:06
Osteoporosis adalah pengeroposan tulang sehingga meningkatkan risiko patah tulang, terutama di pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Dr Allen Anandarajah rheumatologist bersertifikat dan profesor kedokteran di University of Rochester Medical Center mengatakan dalam penelitian telah menunjukkan bahwa yang terbaik untuk mendapatkan kalsium secara alami melalui diet Anda.
 

 
Jakarta:
Seiring dengan berjalannya waktu, kekuatan dan kepadatan tulang Anda akan menurun. Namun tulang Anda  mengalami proses regenerasi, di mana sel-sel tulang Anda akan menghilangkan tulang tua yang lemah dan menggantinya dengan tulang baru yang masih kuat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tulang Anda secara alami memiliki ruang dan lubang di dalamnya, tetapi ketika regenerasi tulang Anda tidak berjalan dengan baik, ruang dan lubang ini tumbuh terlalu besar. 
 
Tulang Anda menjadi lemah dan lebih rentan patah. Ketika itu terjadi maka akan menyebabkan Anda mengalami osteoporosis. 
 
Banyak hal yang dapat menyebabkan tulang melemah, termasuk usia, beberapa obat, penyakit radang, dan perubahan hormon seperti menopause.
 
Untungnya, kemajuan dalam penelitian osteoporosis telah membuka perawatan baru yang dapat membantu menjaga tulang tetap kuat dan meningkatkan pertumbuhan tulang. 
 
Dr Allen Anandarajah rheumatologist bersertifikat dan profesor kedokteran di University of Rochester Medical Center memberikan tips bagi mereka yang mengalami osteoporosis seperti berikut ini.

1. Tambahkan kalsium dalam diet Anda

Kalsium membantu menguatkan tulang, jadi penting bagi penderita osteoporosis untuk memastikan mereka mendapatkan cukup asupan kalsium. 
 
"Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan bahwa yang terbaik untuk mendapatkan kalsium secara alami melalui diet Anda, bukan dari suplemen," ujar Anandarajah. 
 
Makanan tinggi kalsium diantaranya adalah produk susu seperti yogurt dan keju, sayuran hijau seperti sawi hijau, kacang dan lentil, dan makanan laut seperti sarden, salmon, dan udang.
 
(Baca juga: Tanda-tanda Anda Mengalami Osteoporosis)
 
Tips bagi Anda yang Mengalami Osteoporosis
(Dr Allen Anandarajah, seorang rheumatologist mengatakan yang terbaik untuk mendapatkan kalsium secara alami melalui diet Anda. Misalnya dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, salah satunya salmon. Foto: Pexels.com)

2. Aktif bergerak

Selain makanan, olahraga juga sangat penting untuk mengelola osteoporosis. Semakin Anda kurang bergerak, semakin tinggi risiko Anda mengalami keropos tulang. 
 
"Saya merekomendasikan pasien untuk melakukan latihan aerobik sebanyak mungkin, entah itu jalan cepat, bersepeda, bermain hulahop. Apa pun yang membuat jantung Anda terpompa akan sangat membantu," ujar Anandarajah. 
 
Latihan-latihan ini bermanfaat bagi pasien osteoporosis karena mereka membantu membangun dan menjaga kepadatan tulang.

3. Berhenti merokok dan membatasi alkohol

Merokok adalah faktor risiko utama untuk osteoporosis dan patah tulang, jadi jika tulang Anda sudah mulai melemah, penting untuk berhenti merokok. 
 
Alkohol yang berlebihan merusak kesehatan tulang juga karena mengurangi berapa banyak kalsium yang dapat disimpan tubuh Anda dan dapat meningkatkan risiko Anda jatuh. 
 
Minum berat kronis juga dapat menyebabkan kekurangan hormon, yang juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang.

4. Rutin melakukan pengecekan ke dokter

"Saya selalu mendorong pasien saya untuk melakukan pengecekan ke dokter secara rutin. Selain itu, saat ke dokter siapkan juga pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda tanyakan dan juga sampaikan hal-hal apa saja yang menjadi keluhan Anda," kata Anandarajah.

5. Patuhi saran dokter

Sangat penting untuk mengembangkan hubungan yang terbuka dan saling percaya dengan dokter Anda. Pastikan Anda menemukan seseorang yang membuat Anda nyaman, yang akan mendengarkan kekhawatiran Anda dan menanggapinya dengan serius.  
 
Dengan mempercayakan pengobatan dengan dokter Anda, akan lebih mudah bagi Anda mengatasi osteoporosis yang Anda miliki. 
 
Konsultasikan lebih lanjut ke dokter Orthopedi jika tidak ada perubahan pada kesehatan tulang Anda. Beberapa rumah sakit yang bisa Anda kunjungi antara lain, Rumah Sakit Royal Taruma, RSCM - Kencana, atau Klinik Jakarta Orthopedic Traumatology & Sports Medicine Centre di Rumah Sakit Jakarta.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif