Tanda-tanda Anda Mengalami Osteoporosis
The National Osteoporosis Foundation memerkirakan bahwa satu dari dua wanita dan satu dari empat pria di atas usia 50 akan patah tulang karena osteoporosis. (Foto: Jose Escobar/Unsplash/com)
Jakarta: Osteoporosis adalah penyakit tulang yang kadang-kadang disebut sebagai penyakit yang terjadi secara diam-diam. Penyakit ini menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak massa tulang, dan seringkali itu tidak menggantikan apa yang telah hilang. 

The National Osteoporosis Foundation memerkirakan bahwa satu dari dua wanita dan satu dari empat pria di atas usia 50 akan patah tulang karena osteoporosis. Dilansir dari Rd.com berikut ini adalah tanda-tanda osteoporosis.

1. Terkadang Anda menjadi lebih pendek 
Ketika seseorang menderita osteoporosis di tulang belakang dapat dengan mudah turun dan bisa menyebabkan tinggi badan Anda menurun sekitar satu inci.


"Bandingkan tinggi badan Anda dengan tinggi badan Anda ketika masih berusia dua puluhan," kata Tamara Vokes, MD, profesor kedokteran dan direktur Osteoporosis & Metabolic Bone Disease Clinic di University of Chicago. 

Bagi wanita kehilangan tinggi satu setengah inci bisa menjadi tanda osteoperosis. Pria yang telah kehilangan dua inci dari tinggi mereka ketika berusia 20-an bisa menjadi salah satu pertanda osteoporosis. 

2. Gigi Anda mulai tanggal 
Ketika tulang rahang Anda lemah, gigi bisa tanggal. Sementara kehilangan gigi bisa menjadi gejala osteoporosis, Vokes mengatakan itu tidak selalu merupakan tanda pasti.

Jika Anda kehilangan gigi, bicarakan dengan dokter Anda dan mintalah untuk melakukan tes kepadatan tulang untuk menentukan apakah osteoporosis menyebabkan gigi Anda rontok.


(Jika Anda kehilangan gigi, bicarakan dengan dokter Anda dan mintalah untuk melakukan tes kepadatan tulang. Foto: Daniel Frank/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Untuk Mencegah Osteoporosis)

3. Keluarga terdekat Anda mengalami osteoporosis
Jika seseorang dalam keluarga dekat Anda menderita osteoporosis, maka Anda mungkin cenderung terkena penyakit ini. "Jelas genetika memainkan peran besar, tetapi itu tergantung pada banyak faktor," kata Dr Vokes. Faktor risiko lain termasuk jenis kelamin, ras, status menopause, dan berat badan. 

Jika Anda tahu keluarga dekat Anda memiliki riwayat penyakit, Dr Vokes merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan kepadatan tulang sedini mungkin untuk mendeteksi tanda-tanda awal osteoporosis.

4. Anda memiliki kepadatan tulang yang rendah 
Kondisi ini disebut osteopenia, di mana jumlah kalsium dan mineral yang terkumpul di tulang lebih rendah dari rata-rata. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda pasti akan mengalami osteoporosis. 

Jika Anda memiliki kepadatan tulang yang rendah, Dr Vokes menyarankan untuk melakukan tes kepadatan tulang secara rutin untuk mencegah osteoporosis sebelum patah tulang terjadi. Ia juga menambahkan, beberapa obat juga bisa memperlambat terjadinya keropos tulang.

5. Anda mudah mengalami patah tulang 
Jika Anda sering mengalami patah tulang terhadap aktivitas-aktivitas yang ringan mungkin saja Anda mengalami osteoporosis. "Jika Anda mengalami patah tulang, dan itu sering terjadi berarti tulangnya lemah," kata Dr Vokes. Patah tulang pada pergelangan tangan, panggul, atau pada tulang belakang pada luka ringan harus segera dilakukan pengecekan kepada dokter. 








(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id