Cara Menghindari Konsumsi Garam Berlebih (Foto: gettyimages)
Cara Menghindari Konsumsi Garam Berlebih (Foto: gettyimages)

Cara Menghindari Konsumsi Garam Berlebih

Rona makanan berbahaya
Torie Natalova • 15 Desember 2018 13:33
Jakarta: Sudah bukan rahasia lagi bahwa makan terlalu banyak garam dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Banyak penelitian menunjukkan secara berulang kali bahwa makanan tinggi garam dapat meningkatkan risiko Anda pada masalah penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, jantung dan stroke.
 
Lalu, bagaimana Anda bisa tahu bahwa sebenarnya tubuh Anda butuh untuk memangkas asupan garam sehari-hari serta berapa jumlah yang tepat untuk dikonsumsi?
 
Sebenarnya, ini sangat tergantung pada masing-masing individu. Orang dewasa yang sehat disarankan untuk mendapatkan asupan garam tidak lebih dari 2.300 mg sodium. Bagi orang dengan penyakit hipertensi dan jantung, Anda perlu memangkas jumlah sodium lebih rendah lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada orang yang memiliki hipertensi, kelebihan natrium akan menarik air ke dalam pembuluh darah sehingga meningkatkan tekanan darah dan memaksa jantung bekerja lebih keras. Mengurangi garam dapat membantu menghilangkan tekanan di hati.
 
Bagi penderita penyakit jantung atau ginjal, makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi cairan yang bisa memperparah masalah berkaitan dengan penyakit jantung dan ginjal.
 
Selain garam terkandung dalam makanan cepat saji, kemasan atau olahan, sodium sering digunakan sebagai pengawet dan membantu menyeimbangkan rasa. Cara terbaik menghindari garam berlebih adalah selalu membaca label nutrisi yang biasanya terdapat dalam kemasan makanan.
 
Selain membaca label nutrisi, kurangi garam secara bertahap. Pada awalnya, kurangi setengah takaran yang biasa Anda pakai untuk memasak, kemudian beri diri Anda untuk menyesuaikan rasa sebelum menguranginya lebih banyak. Tambahkan rasa selain garam dalam makanan Anda dengan menambahkan rempah segar, bumbu, jus jeruk atau jahe dan bawang putih.
 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif