NEWSTICKER
    Ilustrasi: Foto: istock
    Ilustrasi: Foto: istock

    Deretan 6 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

    Rona Diabetes makanan berbahaya Tanda Pradiabetes Cara Mengobati Diabetes
    Putri Purnama Sari • 08 Desember 2022 19:49
    Jakarta: Banyak orang mengira bahwa faktor penyebab diabetes salah satunya adalah terlalu banyak mengkonsumsi gula. Padahal, tidak hanya gula, ada beberapa makanan yang juga dapat mengganggu kadar gula darah dalam tubuh.
     
    Data Riset Kesehatan Dasar Kemenkes memprediksi penderita penyakit diabetes di Indonesia telah melampaui 10 juta orang. Jumlah ini terus bertambah, diprediksi pada 2030 mencapai 21,3 juta jiwa. Diabetes dapat mengarah pada komplikasi seperti ginjal, jantung, serta organ-organ tubuh lain.
     
    Bagi para penderita diabetes, memilah-milah makanan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan, karena ada sejumlah makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Dilansir dari Bold Sky, berikut adalah deretan makanan yang perlu dihindari penderita diabetes.

    1. Minuman dengan pemanis buatan

    Minuman dengan pemanis buatan kaya akan karbohidrat dan fruktosa. Kedua zat ini berhubungan resistensi insulin dan diabetes. Studi menganjurkan penderita diabetes harus menghindari minuman dengan pemanis buatan dikarenakan risiko hati bengkak.

    2. Makanan yang mengandung lemak trans

    Asam lemak trans merupakan lemak yang terbentuk saat cairan minyak terbentuk menjadi lemak padat. Dilansir dari Hello Sehat, terdapat dua jenis lemak trans, yakni lemak trans alami yang dihasilkan dalam usus hewan dan makanan, serta lemak trans buatan yang berasal dari susu dan produk daging.
     
    Baca: Lakukan 4 Hal Ini jika Kamu Punya Riwayat Diabetes
     

    3. Roti putih, pasta, dan nasi

    Ketiga jenis makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi. Penderita diabetes tidak dianjurkan mengkonsumsinya. Pasalnya, ketiganya hanya akan membuat kadar gula darah naik drastis. Oleh karena itu, biasanya mereka yang sakit diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi.

    4. Yoghurt rasa buah

    Yoghurt dalam kemasan tampak menyehatkan karena baik untuk pencernaan, apalagi ditambah dengan rasa buah yang segar. Namun, yoghurt seperti ini dibuat dari susu tanpa lemak atau rendah lemak dan ditambah dengan banyak sekali karbohidrat dan gula. Secangkir yoghurt dapat mengandung 47 gram gula, yang mana 81 persen kalori yang terkandung dalam yoghurt berasal dari gula.

    5. Sereal dengan pemanis

    Bagi penderita diabetes, sarapan dengan sereal tidaklah dianjurkan. Sereal telah mengalami pemrosesan sehingga ia mengandung karbohidrat tinggi. Sereal juga mengandung protein yang menjaga kestabilan gula darah. Penderita diabetes yang menginginkan gula darah normal tentu tak dapat mengkonsumsi sereal.

    6. Makanan dan minuman kemasan

    Meski menggiurkan, makanan dan minuman dalam kemasan perlu dihindari para penderita diabetes. Makanan dalam kemasan dibuat dengan tepung hasil pemrosesan dan hanya mengandung sedikit nutrisi. Ia juga kaya akan karbohidrat yang dapat menaikkan kadar gula darah. Seperti minuman soda, minuman dalam kemasan termasuk jus buah sekalipun punya efek tidak baik.
     

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


    (WAN)


    social
    FOLLOW US

    Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

    Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

    unblock notif