banner
6 Manfaat Bawang Merah bagi Tubuh
Ilustrasi. Shutterstock
Jakarta: Bawang merah bisa membuat mata Anda berair, hal ini dikarenakan bawang merang menghasilkan reaksi yang merangsang kelenjar air mata atau lacrimal. Bawang adalah tanaman yang sangat populer dan dikonsumsi di seluruh dunia, sebagai penguat rasa.

Terlepas dari dua hal tersebut, bawang juga memiliki manfaat kesehatan seperti memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Selain itu, bawang punya banyak khasiat bagi tubuh, antara lain:

1. Mencegah kanker


Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang efektif menghancurkan sel kanker payudara dan usus besar. Sebab bawang merah mengandung kadar quercetin dan antosianin tinggi. Itu adalah dua senyawa yang bisa membunuh dan menghambat sel kanker.

2. Menurunkan gula darah

Bawang diketahui bisa menurunkan kadar gula darah akibat senyawa sulfur di dalamnya. Senyawa sulfur ini memiliki efek yang baik pada gula darah.

3. Menyehatkan pencernaan

Bawang mengandung serat yang berperan sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus. Selain itu, bawang merah juga bisa mencegah diare, sembelit, dan pencernaan yang sehat.

4. Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Bawang mengandung selenium yang bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan merangsang fungsi kekebalan tubuh. Makan bawang bombay juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan semua jenis infeksi.

5. Baik untuk pernafasan

Sifat antiinflamasi pada bawang merah dikenal baik untuk membantu pasien asma. Orang yang menderita masalah pernafasan seperti asma dan alergi, sebaiknya mengonsumsi bawang merah.

6. Baik untuk mata

Bawang mengandung belerang yang baik bagi mata. Ini akan meningkatkan kesehatan mata dengan merangsang produksi protein yang disebut glutathione, yakni bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, selenium dalam bawang dapat memberikan manfaat vitamin E di mata.



(TRK)