Karena kita tidak bisa menghindari polusi dari luar ruangan, air purifier dianggap dapat membersihkan udara yang ada di dalam rumah. (Ilustrasi/Pexels)
Karena kita tidak bisa menghindari polusi dari luar ruangan, air purifier dianggap dapat membersihkan udara yang ada di dalam rumah. (Ilustrasi/Pexels)

Manfaat Menggunakan Air Purifier di Rumah

Rona polusi udara kesehatan mental penyakit saluran pernapasan
Raka Lestari • 19 Mei 2020 09:03
Jakarta: Air purifier atau pembersih udara saat ini merupakan salah satu alat yang cukup banyak dicari. Hal ini karena polusi udara yang ada di dalam rumah, yang dikhawatirkan bisa membahayakan para anggota keluarga bisa dikurangi dengan penggunaan air purifier. 
 
Menurut World Health Organisation (WHO), polusi menyebabkan sekitar tujuh juta kematian setiap tahun. Dan menurut Dr Mary Prunicki, direktur penelitian polusi udara dan kesehatan di Sean N. Parker Center for Allergy and Asthma Research at Stanford University polusi udara dan kualitas udara juga terkait dengan kesehatan mental.
 
“Selain itu, partikel-partikel yang menyebar di udara bahkan dapat memicu alergi atau dapat menjadi iritan,” kata Dr James Sublett, profesor klinis alergi anak dan imunologi di University of Louisville School of Medicine, seperti dilansir thelist.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengingat pengaruh kualitas udara pada berbagai aspek kesehatan tersebut, maka penting sekali untuk mengetahui manfaat dari penggunaan air purifier. Dan karena kita tidak bisa menghindari polusi dari luar ruangan, air purifier dianggap dapat membersihkan udara yang ada di dalam rumah. 
 
Meskipun memang baru ada sedikit penelitian yang menunjukkan apakah air purifier dapat meningkatkan kualitas udara atau tidak. Dr Prunicki mengatakan, kita sudah tahu bahwa dengan menyaring udara yang ada di dalam ruangan dapat membantu penderita asma yang mengalami gejala dan mengurangi gejalanya.
 
Dr James Sublett juga menambahkan bahwa air purifier juga berguna bagi mereka yang mengalami alergi. “Air purifier bisa sangat efektif dalam menyaring udara-udara yang ada di dalam ruangan,” ujarnya.
 
Dengan kata lain, air purifier bisa bekerja dengan baik pada kondisi tertentu dan cukup baik untuk mencobanya jika menginginkan udara segar. 
 
Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi pada air purifier, Good Housekeeping menyarankan untuk membeli air purifier yang memiliki filter HEPA (High Efficiency Particulate Air), yang secara umum menjadi referensi untuk pilihan terbaik karena kemampuannya dalam menangkap partikel-partikel dalam berbagai ukuran. 
 
Good Housekeeping juga menyarankan untuk memilih air purifier yang sudah memiliki rating CADR (clean-air delivery rate) diatas 300 untuk memastikan bahwa alat yang dipilih merupakan pilihan yang paling efisien.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif