Lima Makanan yang Tidak Baik untuk Metabolisme

Raka Lestari 08 Desember 2018 19:30 WIB
makanan berbahaya
Lima Makanan yang Tidak Baik untuk Metabolisme
Beberapa Makanan yang Tidak Baik untuk Metabolisme (Foto: shutterstock)
Jakarta: Sistem metabolisme manusia akan semakin melambat semakin bertambahnya usia. Sistem metabolisme sangat berguna untuk menyediakan energi bagi tubuh Anda sehingga bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk itu, Anda perlu menjaganya dengan tidak mengonsumsi makanan-makanan yang bisa mempercepat proses pelambatan metabolisme Anda tersebut.

Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak bagus untuk metabolisme Anda:

1. Soda
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature pemanis buatan yang terdapat dalam minuman bersoda dapat mengubah bakteri usus, menyebabkan gula darah menjadi lonjakan dan dengan demikian meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan obesitas. Itulah mengapa seiring bertambahnya usia, ada banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan meskipun mereka makan seperti biasa.


2. Daging beku
Menurut Amy Gorin, ahli nutrisi di Amerika Serikat, daging beku merupakan jenis makanan yang jika dikonsumsi secara teratur dapat memperlambat metabolisme. Makanan beku juga cenderung dimuat dalam sodium dan kurang serat. Jika Anda akan makan makanan beku, Gorin menyarankan untuk memadukannya dengan beberapa kacang (kacang, lentil, kacang arab, atau kacang polong kering).

3. Diet rendah protein
"Tubuh Anda mengeluarkan sejumlah energi yang baik untuk memecah dan menyimpan protein, jadi pastikan Anda mendapatkan asupan protein yang cukup (sekitar 20 hingga 30 gram) setiap kali makan dan sebarkan ini sepanjang hari," kata Gorin. Dia juga merekomendasikan memulai hari Anda dengan smoothie tinggi protein dengan kacang vanili, yang memenuhi asupan protein sebanyak 21 gram protein.

4. Alkohol
Minum alkohol dapat mengiritasi saluran pencernaan Anda, yang dalam jangka panjang dapat merusak kemampuan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi, vitamin, dan mineral dari makanan yang Anda makan. Sebagai gantinya, pilihlah minuman teh hijau, yang tampaknya membantu metabolisme berkat zat yang disebut EGCG (sejenis katekin) dan sejumlah kecil kafein yang dikandungnya. "Studi menunjukkan bahwa kafein dalam teh dapat memberikan manfaat metabolisme hingga 24 jam," jelas Gorin.

5. Gula
"Organisasi Kesehatan Dunia dan American Heart Association merekomendasikan 25-36 gram gula per hari. Saat ini, kebanyakan dari kita mengkonsumsi setidaknya 48 sendok teh, "kata Courtney Daylong, Integrative Nutrition Health Coach dan founder dari Totally Fit Mama. "Untuk memuaskan hasrat mengonsumsi makanan manis, pilihlah buah asli. Meskipun itu masih mengandung gula, tetapi itu tidak terkonsentrasi seperti dalam makanan olahan."



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id